Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Program Bimbel, Pemberdayaan Pendidik dan SMP-IT di Kp. Pasir Uncal, Desa Mekarsari, Kabupaten Garut
Kata Kunci:
KKN, Pengabdian, PendidikanAbstrak
Sudah menjadi suatu kewajiban bagi setiap mahasiswa sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tingginya, bahwa mereka akan menjadi pelayan dan penyambung lidah bagi masyarakat. Demi terlaksananya bentuk pengabdian yang maksimal kepada masyarakat, maka kami memutuskan untuk melaksanakan KKN di wilayah Kabupaten Garut, dengan tujuan untuk mengenal dan menyambungkan silaturahmi lebih luas dengan masyarakat di luar daerah. Di sana, kami menemukan beragam masalah yang cukup banyak, mulai dari masalah penyuluhan pandemi Covid-19, pendidikan, hingga permasalahan sosial. Maka dari itu, kami bertujuan untuk mengabdi di wilayah ini untuk membantu menyelesaikan beragam problematika yang ada. Namun, pada artikel ini, kami akan lebih memfokuskan pada pengabdian di bidang pendidikannya saja. Kami telah mengabdi pada beberapa lembaga pendidikan, seperti Madrasah Al-Muqoddimah, SMP-IT Al-Muqoddimah, dan Rumah Pintar KKN-43 (Bimbel) bagi siswa/i Sekolah Dasar (SD) di posko KKN. Program-program ini menggunakan metode Participant Active, di mana setiap peserta didik yang kami ajar sangat dituntut untuk aktif baik secara kognitif maupun motorik dalam belajar. Hasilnya, bisa dikatakan berbuah manis. Di mana semua peserta didik yang mengikuti program kami, mulai dari Rumah Pintar KKN-43, KBM di Madrasah dan SMP-IT, dan Pemberdayaan Pendidik yang mendapat respon positif dan membuat mereka semakin semangat untuk belajar meningkatkan kemampuan kognitif serta motorik mereka. Hal ini dapat dibuktikan dengan respon mereka yang saat itu meminta untuk terus belajar dan berkegiatan bersama, dan hingga kini ketika KKN sudah selesai, mereka sangat merindukan kegiatan belajar bersama lagi. Ini tentunya merupakan sebuah kebanggaan serta kebahagiaan tersendiri bagi kami khususnya yang mengabdi untuk bidang pendidikan ini.
Referensi
Al-Bukhari, Muhammad bin Isma’il. (t.t.). Shahih Al-Bukhari. Beirut: Daar Ibnu Katsir, Al-Yamamah. (Gawami’ Al-Kalem).
Al-Hajjaj, Muslim bin. (t.t.). Shahih Muslim. Beirut: Daar Ihya` at-Turats al-‘Arabi. (Gawami’ Al-Kalem).
Al-Quzwaini, Ibnu Majah. (t.t.). Sunan Ibnu Majah. Beirut: Daar al-Fikr. (Gawami’ Al-Kalem).
As-Sijistani, Abu Dawud. (t.t.). Sunan Abu Dawud. Suriah: Daar al-Fikr. (Gawami’ Al-Kalem).
At-Tirmidzi, Muhammad bin ‘Isa. (t.t.). Jami’ At-Tirmidzi. Beirut: Daar Ihya` at-Turats al-‘Arabi. (Gawami’ Al-Kalem).
Bahri, D. S. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibnu Hambal, Ahmad. (t.t.). Musnad Ahmad bin Hambal. Beirut: Daar Ihya` at-Turats al-'Arabi. (Gawami' Al-Kalem).
Ibnu Hibban, Abu Hatim. (t.t.). Shahih Ibnu Hibban. Beirut: Mu`assasah ar-Risalah. (Gawami' Al-Kalem).
Katsir, I. (2005). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 8. (G. M. Abdul, & A. I. Al-Atsari, Trans.) Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi'i.
Lawasi, E. S., & B., T. (2017). Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Kerjasama Tim terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 1313.
Lestari, B. (2006). Upaya Orang Tua dalam Pengembangan Kreatifitas Anak. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3(1), 629.
Sari, I. K., & Suhandi, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Luring dan Daring Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1717-1723.