Tantangan dan Peluang Melaksanakan KKN DR Berbasis Pengabdian dan Pemberdayaan di Desa Sinaman 2 Pada Masa Pandemi Covid 19
Kata Kunci:
KKN-DR, Pemberdayaan, Tantangan, PeluangAbstrak
KKN DR (Kuliah Kerja Nyata dari Rumah) adalah KKN yang merdeka, diwujudkan dengan cara melakukan penguatan atas kesadaran dan kepedulian terhadap wabah Covid-19, relasi agama dan kesehatan (sains) dengan tepat, moderasi beragama, dan pendidikan serta dakwah keagamaan Islam dengan memanfaatkan media sosial. Pelaksanaan KKN ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap berbagai permasalahan yang di hadapi masyarakat sekitar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Narasi metode penelitian studi kasus. Dari pemaparan diatas terdapat sebuah peluang dimana mahasiswa KKN UIN Bandung dapat melaksanakan berbagai macam kegiatan sesuai dengan program kerja yang telah kami buat, namun terdapat sebuat tantangan tersendiri untuk menyelesaikan sebuah program di masa PPKM.
Referensi
Asyhad, M., Hanggono, Wahyu Agung. 2017.Urgensi Literasi Keuangan Syariah pada Pendidikan Dasar. Jurnal MIYAH: Jurnal Studi Islam,13(01), 126-143.
Beik, Irfan Syauqi, Arsyianti, Laily Dwi. 2016. Ekonomi Pembangunan Syariah. Bandung: Rajawali Press.
Chodijah, Median, Nurjannah, D.S., Yulianti, A. Y., & Kamba, M. (2020). Seft sebagai Terapi Mengatasi Kecemasan Menghadapi Covid-19. Karya Tulis Ilmiah LPPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Fridayanti, F., Sururie, R.W., Aziz, R., Uriawan, W., Zulqiah, Z., & Mardiansyah, Y. (2019). Model KKN Sisdamas Uin Sunan Gunung Djati Bandung : Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Al-Khidmat, 2 (1), 24-28).
Rahmat, Abdul, & Mirnawati, m, (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62-71.