Membangun Motivasi Belajar Anak Melalui Peran KKN di Kelurahan Harjasari Pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Todia Andradita Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Rizka Qurrota Ayuni Pendidikan Bahasa Arab, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Annisa Nailah Fikri Aljaziri Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Meliyatun Khumaeroh Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan, Peran KKN, Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar

Abstrak

Pendidikan merupakan unsur penting sebagai pondasi kemajuan bangsa serta sebagai tuntunan perkembangan anak. Pada masa pandemi Covid-19 ini pemerintah mengambil kebijakan baru pada bidang Pendidikan dengan cara memberlakukan pembelajaran secara daring atau online, hal ini dilakukan untuk pencegahan penularan Covid-19. Dalam pembelajaran daring tentunya memiliki banyak hambatan sehingga membuat motivasi belajar anak menurun. Seperti yang dirasakan oleh warga Kelurahan Harjasari yaitu ditemukannya permasalahan mengenai pembelajaran daring antara lain: 1) Kurangnya bimbingan dari orang tua, 2) Terbatasnya media elektronik pendukung pembelajaran anak, 3) Kurangnya pengetahuan dasar dalam Pendidikan pada diri anak, 4) Kurangnya aspek psikis dari dalam diri anak yang membantu dalam kegiatan belajar. Dalam hal ini kegiatan KKN mengadakan program bimbingan belajar sebagai program utama yang bertujuan untuk membantu permasalahan yang ada. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Pendidikan masyarakat. Semua anak yang mengikuti bimbingan belajar dapat terbantu dalam proses pembelajaran dan terbangun motivasi belajar hal ini dapat dilihat dari antusias dan semangat anak yang mengikuti kegiatan belajar.

Referensi

Husnul Qodim, 2021. Petunjuk Teknis KKN DR 2021. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Okka Adiyanto, 2018. PENUMBUHAN KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH BERBASIS MASJID MELALUI KULIAH KERJA NYATA (KKN) DI MASJID MUHAJIRIN, KECAMATAN WIROBRAJAN. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 2, No. 2, Agustus 2018, Hal. 333-340 ISSN: 2088 4559;

Sudarti, Trapsilo Prihandono, Sugiyanto, Heni Ruspitasari. 2021. PENDAMPINGAN BELAJAR DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI DESA WALIKUKUN, KECAMATAN WIDODAREN, KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (e-ISSN. 2614-7939) Vol. 4 No. 1, Februari 2021

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Andradita, T. ., Ayuni, R. Q., Aljaziri , A. N. F. ., & Khumaeroh, S. M. . (2022). Membangun Motivasi Belajar Anak Melalui Peran KKN di Kelurahan Harjasari Pada Masa Pandemi Covid-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(57), 141–151. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/942

Terbitan

Bagian

Articles