Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Keagamaan Bagi Anak Usia Dini dan Remaja Rt.11 Rw.15 Desa Cinunuk
Kata Kunci:
sekolah, islam, anak-anakAbstrak
Melihat perubahan kurikulum yang terjadi pada pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah yang telah mengganti pelajaran agama islam dengan mata pelajaran yang lebih general, penulis melihat bahwa hal itu bukan berarti pelajaran agama islam tidak dipelajari diluar sekolah resmi. Maka dari itu, penulis memanfaatkan momentum KKN ini dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi anak-anak usia dini dalam mempelajari agama islam. Program ini penulis realisasikan dengan mengadakan kegiatan TPQ secara tatap muka namun berskala kecil yakni dalam lingkungan RT yang dilaksanakan rutin setiap minggu. Hasil yang didapat dari kegiatan ini, anak-anak mulai memiliki rasa antusian dalam mempelajari agama islam.
Referensi
Bukhari.2008. ‘Design Da’wah Untuk Pembinaan Agama Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna Jurnal Study Keislaman XII (2).
De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.
Desmelita, 2017, kiat-kiat Penulisan Proposal Program Pengabdian Masyarakat, SIMLIBTABMAS DIKTI, UKI Toraja, Tana Toraja
Hakim, Lukman,2011, Metode Penulisan Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Hotel Dinasty Makassar
Iskandar.Metodologi Penelitian Kualitatif Jakarta: Gaung Persada, 2009) cetakan.1. h. 11
Sujimat, D. Agus.2000. Penulisan Karya Ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Suparno.2000. Langkah langkah Penulisam Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.
UNESA.2000. Pedoman Penulisam Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian UNESA
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Fathima Umar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.