Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kampung Celak Kaler Rw 09 Desa Celak Kecamatan Gunung Halu Kabupaten Bandung Barat
Kata Kunci:
KKN, Pendidikan, PandemiAbstrak
Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan kegiatan akademik yang dilakukan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh para mahasiswa dengan bimbingan dosen pembimbing lapangan. Kuliah kerja nyata (KKN) ini diselenggarakan oleh perguruan tinggi agar dapat mencetak mahasiswa yang berkualitas yang dapat mengkorelasikan ilmu yang didapatkan dengan realitas masyarakat. KKN-DR dilaksanakan dengan dasar Tridharma perguruan tinggi yang mana pengabdian pun perlu di implementasikan setelah pendidikan dan penelitian dilaksanakan. Pelaksanaan KKN tahun 2021 adalah kegiatan KKN-DR yang dalam KKN ini mahasiswa melakukannya dari rumah atau di daerah sekitar yang lebih strategis dengan mahasiswa untuk melakukan segala aktivitas yang dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. Pandemi Covid-19 merupakan peristiwa menyebarnya penyakit dan hal ini menjadikan ada sedikit banyaknya perubahan yang akan dialami setiap individu. Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak. Hal ini membuat beberapa kebijakan baru yang dirancang pemerintah agar proses pembelajaran dimasa pandemi tetap berlangsung. Proses pembelajaran yang berubah dari offline menjadi online dan blended learning menimbulkan beberapa masalah baru bagi guru, siswa dan orangtua siswa. Banyak keluhan yang masuk terkait pembelajaran sehingga penulis berupaya untuk mengatasi hal tersebut dengan cara melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan sistem ship shift dan pengurangan jam belajar serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, penulis juga memberikan bimbingan belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar maupun mengerjakan tugas.
Referensi
Arfani, L., Pd, S., & Pd, M. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Jurnal PPKN Dan Hukum, 11(2), 81–97.
Covid-19, G. (2021). Gugus Tugas Covid-19.
Nasution, Z. (2017). Konsep Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam(Perseptif Al-Qur’an). Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 2(4), 50.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Robandi, D., Ritongga, I., & Nast, J. P. T. (2020). An Analysis Of Education Policy In The Pandemic Covid-19. E-Tech, 08(02), 1–4. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Sulistyaningrum, D., & Al Hakim, R. R. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–7.
Widiara, K. (2021). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–56.
Winata, A. K., Zaqiah, Y. Q., Supiana, & Helmawati. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Masa Pandei. Ad-Man-Pend, 4, 1–6. http://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation
Chicago Manual of Style 17th edition (full note)
INLINE CITATION John L. Campbell and Ove K. Pedersen, “The Varieties of Capitalism and Hybrid Success,” Comparative Political Studies 40, no. 3 (March 1, 2007): 307–32, https://doi.org/10.1177/0010414006286542.
BIBLIOGRAPHY Campbell, John L., and Ove K. Pedersen. “The Varieties of Capitalism and Hybrid Success.” Comparative Political Studies 40, no. 3 (March 1, 2007): 307–32. https://doi.org/10.1177/0010414006286542.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Laelatul Fitri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.