Membangun Strategi Pemasaran Online Dalam Produk Umkm Sebagai Solusi Menghadapi Situasi Pandemi Covid 19 di Desa Cinanjung
Kata Kunci:
Covid-19, pemasaran,, e-commerce, shopeeAbstrak
Dimasa pandemi Covid-19, aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan di sektor ekonomi, salah satu daerah yang terkena dampaknya yaitu Desa Cinanjung. Dilihat dari menurunnya pendapatan masyarakat dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pemasaran online. Oleh karena itu, kami menyusun program kerja berupa sharing pemasaran online yang bertujuan untuk berbagi pengalaman sekaligus ilmu pemasaran online kepada pemuda-pemudi sebagai solusi menghadapi pandemi Covid-19, dalam meningkatkan dan memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM Desa Cinanjung. Hasil dari kegiatan tersebut dapat dilihat hasil pre-test maupun post-test dengan meningkatnya pengetahuan dalam teknis menjalankan e-commerce di Aplikasi Shopee dan bagaimana cara memasarkan produk BUMDes yang menarik. Sehingga program kerja yang kami lakukan ini dapat dikatakan berhasil.
Referensi
Armadi, I. (2020). Analisis Peran Pemuda Dalam Pembangunan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Studi Di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten …. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 1, 144–151. http://jurnal.bundamediagrup.co.id/index.php/iuris/article/view/41
Hamid, A. A., Zubaedah, L. M., Irawan, A., & Nurselvy. (2021). Penyuluhan Strategi Pemasaran Online Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Dikelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Jurnal Abdimas, 46-56.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran: Jilid 1 dan 2. edisi Kedua belas. Erlangga. Jakarta.
Lidwina, A. (2021, Juni 4). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia
Munawar, Kholil. 2009. E-commerce. http://staff.uns.ac.id.
Muzdalifah, L., Novie, M., & Zaqiyah, S. (2020). Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital di Era Pandemi Covid 19 dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo. Seminar Nasional Sistem …, 2200–2208. https://www.jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/296
Riyanto, G. P. (2021, Mei 10). Daftar 10 Marketplace Online Paling Ramai Pengunjung di Asia Tenggara. Retrieved from Kompas: https://tekno.kompas.com/read/2021/05/10/15270037/daftar-10-marketplace-online-paling-ramai-pengunjung-di-asia-tenggara?page=all.
Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2019). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 116. https://doi.org/10.29244/mikm.13.2.116-126
Suyanto, B. (2013). Sosiologi Ekonomi : Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post Modernisme. Jakarta: Kencana prenada media group
Wany, E. (2010). Jurnal Akuntansi. AKRUAL Jurnal Akuntansi, 2(1), 20–42.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Dimas Rizki Anugrah Putra
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.