Implementasi Metode Lagu Dan Gerak Terhadap Pembelajaran Bahasa Asing Pada Anak Sekolah Dasar Kp. Kopeng Desa Nagrak, Kec. Cianjur Kab. Cianjur

Penulis

  • Azmi Nur Khairani Pendidikan Bahasa Inggris, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ila Nurfitriah Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zahra Nayla Febriani Matematika, Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zen Aslah Mudrikah Matematika, Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dedi Suyandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Anak, Metode, Gerak, Lagu, Bahasa Asing

Abstrak

Kesadaran anak Kp. Kopeng dalam mempelajari bahasa asing ini diperparah dengan adanya dampak dari pandemi global yang memaksa setiap anak untuk mengurangi mobilitas kegiatan belajar mengajar. Dengan mengadakan kursus bahasa asing diharapkan dapat membantu anak-anak di Kp. Kopeng untuk mengenal bahasa asing serta meningkatkan minat belajarnya di tengah pandemi covid-19. anak-anak sekolah dasar di lingkungan Kp. Kopeng RT. 002 RW. 008 Desa Nagrak tidak mendapatkan pengajaran bahasa asing, khususnya bahasa Inggris dan bahasa Arab. Tidak sedikit anak yang masih buta akan bahasa asing dan menganggap bahwa bahasa asing sulit dipelajari dan diucapkan. Sehingga pembelajaran kursus ini menggunakan Metode gerak dan lagu diimplementasikan dalam permainan Tepuk, seperti Tepuk Gulung-gulung, Tepuk Anggota Badan, dan Tepuk Semangat dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris. Melalui gerak dan lagu para peserta mampu mengekspresikan dirinya untuk mengembangkan kemampuan bahasa asing. Lagu memiliki banyak manfaat sebagai sarana informasi yang menyenangkan untuk anak dan mempermudah anak dalam menerima dan mengingat pelajaran.

Referensi

Ghazali, H.A. Syukur. 2000 (11-12) Pemerolehan dan Pengajaran Bahasa Kedua. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Parera, J. D. (1993). Leksikon Istilah Pembelajaran Bahasa. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Bayu, Gede Wira. 2016. “Implementasi Pendekatan Music and Movement untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Aktivitas Motorik Kasar Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Trisula Singaraja”. Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura. Vol. 1 No. 1, Januari 2016.

Dewan Guru TK Pesantrean Anak Sholeh Al-Ihlas. 2016. “Tepuk Hewan”. Pasuruan: TK Pesantrean Anak Sholeh Al-Ihlas.

Hastiti, Siti Atik. Darmawan, Lizza Susanti. 2016. “Pengaruh Metode Pembelajaran Gerak dan Lagu Trhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini pada Kelompok A di TK Khalifah 2 Kota Serang Tahun Ajaran 2015/2016”, invantia. Vol. 4 No. 2, Agustus 2016.

Hastuti, Neli dan Roviati Evi. 2020. Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Inggris Menyenangkan Dari Rumah di Masa Pandemi COVID-19. AL KHIDMAT:Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.

Uzer, Yuspar. 2019. ‘Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Gerak dan Lagu untuk Anak PAUD’. PERNIK Jurnal PAUD.

Husna, Lutfiyatul dan Ma’ruf, Ahmad. 2019. Implementasi Metode Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab dan Inggris. MAFHUM:Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Khairani, A. N., Nurfitriah , I. ., Febriani , Z. N., Mudrikah, Z. A. ., & Suyandi , D. . (2022). Implementasi Metode Lagu Dan Gerak Terhadap Pembelajaran Bahasa Asing Pada Anak Sekolah Dasar Kp. Kopeng Desa Nagrak, Kec. Cianjur Kab. Cianjur. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(48), 87–93. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/898

Terbitan

Bagian

Articles