Kurang Efektifnya Pembelajaran Jarak Jauh pada Anak–Anak di Kampung Cibejog
Kata Kunci:
efektif, fokus, pembelajaranAbstrak
Pandemi COVID-19 ini menyebabkan pembelajaran yang seharusnya dilakukan dengan tatap muka beralih menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan secara daring. Kurangnya perhatian dari guru yang mengajar dan keterbatasan gawai yang ada membuat anak-anak di Kampung Cibejog merasa kesulitan menjalaninya. Mereka juga tentunya sangat membutuhkan perhatian dari sosok orang tua yang bisa mengajari mereka tentang pelajaran sekolah, namun, kebanyakan orang tua tidak bisa mengajari anaknya dikarenakan kesibukan mereka dan pengetahuan yang minim. Oleh karena itu, dibuatlah program “Rumah Belajar” dengan tujuan untuk membantu anak-anak dalam pembelajaran jarak jauh ini yang pada dasarnya “Rumah Belajar” ini berpusat utama untuk meningkatkan fokus dari anak-anak agar anak-anak dapat belajar dengan efektif. Pada akhirnya program “Rumah Belajar” ini mampu meningkatkan fokus dan menambah konsentrasi anak-anak di Kampung Cibejog.
Referensi
Andina Amalia, N. S. (2020). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI INDONESIA. Jurnal Psikologi, 215.
Erlangga. (2020, Maret 23). Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. Retrieved from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id
Gestiana Ragin, A. R. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 54.
Kristianti, L. (2021, Juli 30). Edukasi lewat "minigames" digital dorong pendidikan anak berkualitas. Retrieved from ANTARA NEWS: https://www.antaranews.com
Press, U. (2020). TRAIN SURVIVE PEOPLE AT TIMES PANDEMIC. Sidoarjo.
Safriadi. (2017). Prosedur Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Jurnal Mudarissuna, 47.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Annisa Nur Fauziah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.