Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Keagamaan Diniyah Anak
Kata Kunci:
Pembelajaran, Diniyah, Metode BernyanyiAbstrak
Pada dasarnya anak-anak menyukai musik, nyayian, lagu jadi pembelajaran yang saya fokuskan menggunakan metode bernyanyi dengan diselingi bercerita dan bermain. Dalam penelitian kali ini adalah pembelajaran madrasah diniyah untuk kelompok anak yang berlokasi di Kampung Cagak, Desa Haurpugur, Kecamatan Rancaekek. Latar belakang anak-anak tersebut akan pemahaman dan pengetahuan mengenai keagamaan masih kurang. Hal tersebut dikarenakan akses menuju madrasah terdekat di kampung tersebut sangat jauh dan minim penerangan sehingga menimbulkan kekhawatiran dari pihak orang tua dan minimnya pengajar di kampung tersebut sehingga madrasah diniyah berhenti. Metode pengabdian yang kami terapkan pun berupa metode individual dan kelompok. Metode individual ditujukan kepada orang tua dan metode kelompok ditujukan kepada anak-anak. Nantinya anak-anak tersebut akan dibentuk kelompok baru dalam pengajaran keagamaan, sehingga yang saya harapkan dapat berlangsung lama tidak hanya bertahan saat ada Kuliah Kerja Nyata. Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk meingkatkan pemahaman dan pengetahuan keagamaan anak di kampung tersebut. Hasil dari penelitian tersebut dapat dilihat bahwa dengan diadakannya kembali kelompok diniyah membantu anak-anak dalam belajar keagamaan.
Referensi
Awaludin, R. d. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raudathul Athfal. Didaktika : Jurnal Pendidikan, 56-67.
Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keteladanan, 03(02), 333-352.
Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ifrianti, S. (2015). Implementasi Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 150-169.
Jamhuri, M. (2016). PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’ANSISWADI SMK DEWANTORO PURWOSAR. al-Murabbi, 1(2), 201-216.
Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 73-85.
M.Hincaoie, d. (2021). An Introduction to Augmented Reality With Applications in Aeronautical Maintenance. ICTON.
Nizah, N. (2016). Dinamika Madrasah Diniyah. LPPG, 181-202.
Nurhayati, E. (2018). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurhayati, E. (n.d.). Psikologi Pendidikan Inovatif.
Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 333-352.
Qomaruddin, A. (2017). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat. Jurnal Kependidikan , 20-28.
Sada, H. J. (2016). MANUSIA DALAM PERSPSEKTIF AGAMA ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 126-142.
Sari, N. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi dengan Media Berbasis Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Asean. Skripsi, 166.
Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 95-108.
Sugiono, I. A. (2017). Penguatan Mata Pelajaran Agama Islam dengan Penyuluhan Kurikulum KTSP untuk Guru Madrasah Diniyah di MDTA Mambaul Hikam Serambah Proppo Pamekasan. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat, 226-230.
Utomo, K. B. (2018). Strategi Metode dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI. MODELLING: Jurnal Program Studi PGMI, 145-156.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Annisa Nurul Shafwah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.