Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Keagamaan Di Desa Bojongsari

Penulis

  • A’lia Luthfi Haryono Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aditya Rahman Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Hasan Ali Prodi Ilmu Al-Qur;an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Raihan Sabdanurrahmat Prodi Ilmu Al-Qur;an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Teguh Saputra Prodi Ilmu Al-Qur;an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Diah Siti Sa;diah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pendidikan, pendidikan keagamaan,, pengabdian masyarakat

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang ada dalam artikel ini diambil ketika melaksanakan KKN-DR Sisdamas di Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai internalisasi nilai-nilai pendidikan berbasis keagamaan di Desa Bojongsari. Kemudian kurangnya pemahaman mengenai ilmu keagamaan, seperti dalam bidang membaca tulisan Arab, pemahaman Al-Qur’an, tahfidz Al-Qur’an dan fiqih praktis mengenai kegiatan ibadah sehari-hari menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini. Hasil dan pembahasan penelitian ini bahwasanya metode yang digunakan dalam pengajaran Al-Qur’an, yaitu metode iqra dalam pengajaran membaca tulisan Arab dengan hasil mampu membaca Al-Qur’an kemudian metode sima'i dalam pengajaran tahfidz dengan hasil hafal surah Al-’Ala dan metode ceramah dalam kajian-kajian keislaman dengan hasil dapat membawa perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat Desa Bojongsari yang menjadi sasaran penelitian ini.

Referensi

Anggraeni, D. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar, 1, (2), 194–205.

Arif, M. (2013). Manajemen Madrasah dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaelani, M. S. 2013. Peran Pendidikan Agama slam dalam Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Widya, 1, (2), 100–105.

Parhan, M. (2018). Kontekstualisasi Materi Dalam Pembelajaran. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3, (1), 7–18.

Puspita, Ryan Dwi. (2015). Mengatasi Gangguan Perkembangan Bahasa (Delay on Reading) Pada Anak SD Kelas Rendah Melalui Pendekatan Pengalaman Bahasa dan Metode Fonik. Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1, (1), 78.

Putra, I. M. D. C., & Yuhari, M. R. A. T. W. (2020). Edukasi Covid-19 Melalui Program KKN ISI Denpasar untuk Mewujudkan Karakter Anak yang Sadar Kebersihan di Desa Carangsari. Segara Widya Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 8, (2), 78–83.

Sada, H. J. (2017). Peran Masyarakat dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7 (1), 93-94.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Luthfi Haryono, A. ., Rahman , A. ., Hasan Ali , M. ., Sabdanurrahmat, R. ., Saputra , T., & Siti Sa;diah, D. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Keagamaan Di Desa Bojongsari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(49), 140–164. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/881

Terbitan

Bagian

Articles