Pengembangan SDM Berbasis Pemberdayaan Pemuda Masjid Al- Manshur Desa Kandangmukti, Kabupaten Garut

Penulis

  • Aditiya Aoliarahman Muchyi Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komnuikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dzikri Zakia Mukholik Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurul Kusmayanti Fauziah Prodi Manajemen, Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Silpi Risdiyani Halawatun nisa Prodi Pendididikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Ihin Solihin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN-DR, Pemberdayaan Pemuda, PHBI

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata saat pandemi covid-19 seperti ini berbeda dengan KKN pada umumnya. Model KKN yang di terapkan adalah KKN-DR yaitu KKN yang diselenggarakan dalam semangat kampus merdeka, diwujudkan dengan pemberdayaan masyarakat melalui refleksi dan perencanaan serta pelaksanaan program sesuai kompetensi Peserta KKN dan disesuaikan dengan hasil refleksi sosial tentang kondisi dan potensi masyarakat di daerah masing-masing. Program KKN-DR Sisdamas ini akan difokuskan pada pemberdayaan masyarakat pada masa/pasca wabah Covid 19 yang berdampak pada berbagai bidang di lingkungan Desa Kandangmukti khususnya di kampung kandangkidul RW 02. Populasi dan Sampel pada penelitian ini adalah kelompok 245 UIN Sunan Gunung Djati Bandung yakni 8 orang Mahasiswa serta 10 Masyarakat. Metode pengumpulan data mengggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Metode wawancara pada Penelitian ini digunakan bertujuan menggali informasi kepada masyarakat mengenai kebermanfaatan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di masa pandemi covid 19. Hasil pada Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan KKN sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat pada masa pandemi masih tetap bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan peran Mahasiswa masih bisa dilakukan dengan rangkaian kegiatan inovatif serta tetap menjalankan protokol kesehatan.

Referensi

Fakhruddin, Asef Uma. 2006. JURNAL PEMIKIRAN ALTERNATIF KEPENDIDIKAN INSANIA Vol. 11 No. 2. Purwokerto : P3M STAIN. Hlm. 212-227

Herawati. Wirausaha. 2016. Muda dalam Peningkatan Pembangunan Pertanian. Jurnal Agrica Ekstensia. Vol. 10 No.2 hal 81-87

Mubarok, Ahmad. 2011. “Peran Aktifitas Pemuda Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Non-Formal, Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri SALATIGA, hlm. 1

Netting, F. Ellen, Peter M. Kettner dan Steven L. McMurtry (1993), Social Work Macro Practice, New York: Longman.

Paramita, Sinta dan Erdiansyah, Rezi, 2016. Entrepreneurship dan New Media pada Generasi Muda. Kaji Tindak: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Vol.3 No.1 hal 1-8 Mei

Suhendrik, Ritha Fatimah Dalimunthe, 2016 Pengaruh Motivasi dan Peran Pemuda terhadap Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Batubara. Jurnal Mediasi Vol. II No.05 hal 89-109

Trisani Wahyu Tri. 2014. Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Usaha Ekonomi Produktif oleh Karang Taruna Jaya Kusuma di Desa Singosaren bangutapan Bantul. Yogyakarta : Penididkan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang Undang No. 12 tahun 2012, n. d.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Aoliarahman Muchyi, A. ., Zakia Mukholik, D. ., Kusmayanti Fauziah, N. ., Risdiyani Halawatun nisa, S. ., & Solihin, I. (2022). Pengembangan SDM Berbasis Pemberdayaan Pemuda Masjid Al- Manshur Desa Kandangmukti, Kabupaten Garut. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(49), 126–139. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/880

Terbitan

Bagian

Articles