Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Masa Pandemi
Kata Kunci:
Desa Patengan, Pembelajaran, EfektivitasAbstrak
Adanya Pandemi Covid 19 menjadikan suatu fenomena global dunia pada saat ini. Maka Pemerintah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud ) mengambil sebuah keputusan melalui Surat Edaran No. 36962/MPK. A/HK2020 terkait pembelajaran secara daring ( Online ). Dengan adanya keputusan tersebut, menjadi salah satu kesulitan bagi anak-anak dalam memahami suatu materi yang disampaikan oleh gurunya secara daring ( online ). Maka dari itu, diadakan kegiatan pendampingan belajar untuk membantu dan memudahkan pembelajaran saat masa pandemi Covid-19. Yang mana pengajar nya dari Anggota Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2021. Adapun tujuan dari adanya program kerja ini ialah untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran yang mengalami kesulitan dalam memahami suatu materi pembelajaran daring ( online ) di Desa Parengan. Dalam proses pendampingan belajar ini metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini terdapat 5 pelaksanaan diantaranya (1) Survei Lapangan, (2) Koordinasi Antar Masyarakat, (3) Sosialisasi Terkait Program, (4) Pelaksanaan Program-Program, (5) Evaluasi Program-Program. Adapun hasil dari pengabdian nya ada 5 tahapan, ialah (1) Meningkatkan pemahaman materi dari segi baca tulis, perhitungan serta pengetahuan umum, (2) Tanya jawab terkait pemahaman hasil belajar, (3) Permainan Ice breaking, (4) Memberikan semangat dan motivasi, (5) Pemberian Reward
Referensi
Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917.
Erawati, I., Darwis, M., & Nasrullah, M. (2017). Efektivitas Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Office, 3(1), 13. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3450
Harini Muntasib, Resti Meilani, Arzyana Sunkar, Jadda Muthiah, T. R. (2019). Modal Sosial Masyarakat Jawa Barat dalam Pengembangan Ekowisata.
Hartono, A. (2016). Koordinasi Antar Lembaga dan Stakeholder dalam Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (Studi Kasus: Taman Flora dan Taman Ekpresi di Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik. ISSN 2303 - 341X, 4(3), 1-12. Universitas Airlangga, Surabaya.
Muthiah, J., Muntasib, E. K. S. H., Meilani, R., Sunkar, A., & Rahayuningsih, T. (2016). Status kepemilikan lahan dan modal sosial Desa Patengan dan Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung Selatan (Land tenure and social capital of Patengan and Alam Endah Villages, Rancabali District, South Bandung ). Media Konservasi, 21(3), 234.
Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Ulia, N., Fironika KD, R., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., Jupriyanto, J., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32. https://doi.org/10.30659/ijocs.1.1.32-47
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Awaliah Amarthani Johar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.