Kegiatan Posko Belajar Untuk Mendidik Anak Agar Dapat Memaksimalkan Pembelajaran Sekolah Online Di Masa Pandemi
Kata Kunci:
Posko, Belajrar, MendidikAbstrak
Di masa pandemi ini seluruh aktifitas kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui sosial media/secara online. Pendidikan online ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penyebaran covid-19 yang sedang menyebar di indonesia. Oleh karna itu dari mulai siswa hingga mahasiswa dituntun untuk menggunakan metode pembelajaran baru secara online, dari mulai dibuatnya website untuk pembelajaran hingga dibuatnya belajar online menggunakan metode videocall melalui aplikasi yang mendukung. Sudah satu tahun lebih para pelajar menggunakan metode pembelajaran online, namun masih ada beberapa pelajar yg kesulitan mengikuti metode pembelajaran tersebut, terutama anak-anak sekolah dasar. Banyak faktor yang menyebabkan anak-anak tersebut kesulitan mengikuti metode pembelajaran online, dari mulai metodenya yang kurang menarik hingga kurangnya fasilitas yg mendukung pembelajaran online. Oleh karna itu jurnal ini kami buat dengan metode kualitatif deskriptif untuk membantu anak-anak tersebut agar dapat memaksimalkan pembelajaranya secara online. Kegiatan yang kita lakukan antara lain melakukan sosialisasi kepada orang tua menggunakan gudgetnya untuk pembelajaran online menggunakan sosial media yg tersedia, memberi metode pembelajaran kepada anak agar tetap belajar dengan cara yang menyenangkan, dan cara cara lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program posko belajar di RW 05 kelurahan Cipamokolan Kecamatan Rancasari Kota Bandung untuk anak-anak berhasil menciptakan minat belajar yang lebih tinggi, menambah wawasan anak dan orang tua untuk menggunakan aplikasi penunjang pembelajaran online. Dan mendidik anak-anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan sopan.
Referensi
Ratminto, Winarsih. 2014. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Konu, A., & Rimpela, M. (2002). Well–being in School: A conceptual model. Health Promotion
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Rifkie Mufty Muhammad
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.