Kegiatan Posko Belajar Untuk Mendidik Anak Agar Dapat Memaksimalkan Pembelajaran Sekolah Online Di Masa Pandemi

Penulis

  • Rifkie Mufty Muhammad Prodi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab & Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Andara Syadurahman Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Syariah & Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Atono Siro Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Syariah & Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Medina Chodijah Tasawuf Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Posko, Belajrar, Mendidik

Abstrak

Di masa pandemi ini seluruh aktifitas kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui sosial media/secara online. Pendidikan online ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penyebaran covid-19 yang sedang menyebar di indonesia. Oleh karna itu dari mulai siswa hingga mahasiswa dituntun untuk menggunakan metode pembelajaran baru secara online, dari mulai dibuatnya website untuk pembelajaran hingga dibuatnya belajar online menggunakan metode videocall melalui aplikasi yang mendukung. Sudah satu tahun lebih para pelajar menggunakan metode pembelajaran online, namun masih ada beberapa pelajar yg kesulitan mengikuti metode pembelajaran tersebut, terutama anak-anak sekolah dasar. Banyak faktor yang menyebabkan anak-anak tersebut kesulitan mengikuti metode pembelajaran online, dari mulai metodenya yang kurang menarik hingga kurangnya fasilitas yg mendukung pembelajaran online. Oleh karna itu jurnal ini kami buat dengan metode kualitatif deskriptif untuk membantu anak-anak tersebut agar dapat memaksimalkan pembelajaranya secara online. Kegiatan yang kita lakukan antara lain melakukan sosialisasi kepada orang tua menggunakan gudgetnya untuk pembelajaran online menggunakan sosial media yg tersedia, memberi metode pembelajaran kepada anak agar tetap belajar dengan cara yang menyenangkan, dan cara cara lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program posko belajar di RW 05 kelurahan Cipamokolan Kecamatan Rancasari Kota Bandung untuk anak-anak berhasil menciptakan minat belajar yang lebih tinggi, menambah wawasan anak dan orang tua untuk menggunakan aplikasi penunjang pembelajaran online. Dan mendidik anak-anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan sopan.

Referensi

Ratminto, Winarsih. 2014. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Konu, A., & Rimpela, M. (2002). Well–being in School: A conceptual model. Health Promotion

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Mufty Muhammad, R. ., Syadurahman, A. ., Siro, A. ., & Chodijah, M. (2022). Kegiatan Posko Belajar Untuk Mendidik Anak Agar Dapat Memaksimalkan Pembelajaran Sekolah Online Di Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(49), 119–125. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/879

Terbitan

Bagian

Articles