Implementasi Metode Fun Learning untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa SDN Curug 03
Kata Kunci:
fun learning, implementasi, pendidikanAbstrak
Kualitas hasil belajar siswa disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang berpengalaman dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa dan hasil yang diinternalisasi meliputi: sikap terhadap belajar, minat dan motivasi belajar, konsentrasi belajar, sedangkan faktor eksternal meliputi hal-hal seperti: guru sebagai pelatih belajar, infrastruktur dan fasilitas belajar. Sekolah yang menjadi tempat KKN yaitu di SDN Curug 03, desa Wirajaya. Dengan metode pembalajaran yang kurang efektif serta tidak memadai, kualitas dan pengetahuan siswa SDN Curug 03 juga menjadi tidak pandai dan cakap. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pengembangan metode pembelajaran fun learning diimplementasikan di SDN Curug 03. Dengan metode fun learning siswa bermain sekaligus belajar untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan. Bertujuan untuk menambah kecapan serta kepandaian peserti didik SDN Curug 03 secara berkelanjutan. Metodologi KKN dilaksanakan secara bertahap yaitu: pertama, observasi dan refleksi sosial, kedua, pemetaan sosial dan perancangan program, ketiga, pelaksanaan program, dan keempat, monitoring serta evaluasi. Hasil dari kegiatan KKN yaitu, siswa menjadi lebih bersemangat untuk pergi ke sekolah, siswa menjadi senang dan tertarik dengan kegiatan belajar mengajar karena metode fun learning yang tidak membosankan
Referensi
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. (n.d.). Retrieved September 8, 2021, from https://www.kemendesa.go.id/berita/view/detil/3261/ini-daerah-tertinggal-menurut-perpres
Syahid, A. A. (2019). Gembira bersekolah: Memaknai fun learning di sekolah dasar. 1(1), 7.
Husnul, Q. (2021). Petunjuk Teknis KKN DR 2021. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Adreana Annisa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.