Peran Mahasiswa Dalam Pendidikan Dan Produktivitas Masyarakat Dimasa Pandemi Di Pedesaan Kabupaten Ciamis
Kata Kunci:
Covid-19, Masyarakat, MahasiswaAbstrak
Dalam kehidupan bermasyarakat mahasiswa memegang peranan yang sangat penting, hal tersebut terangkum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tiga hal yang wajib dilaksanakan oleh perguruan tinggi baik itu mahasiswa, dosen, dan civitas akademika yang terlibat. Tiga hal yang dimaksud dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta Pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan KKN-DR SISDAMAS merupakan salah satu wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan yang besar bagi perguruan tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat. Pendidikan dan kegiatan sosial kemasyarakatan merupakan sektor yang paling terdampak ketika pandemi Covid-19. Saat ini hasil belajar anak belum bisa dikatakan berhasil secara optimal dimana bagi anak slow learner, pembelajaran daring bukanlah solusi yang baik, hal ini terjadi karena tidak semua orang tua dan guru mudah beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang baru. Kegiatan sosial kemasyarakatan juga dibatasi karena adanya PPKM. Keoptimalan pembelajaran dan juga kegiatan kemasyarakatan, terlampau jauh dari kata baik-baik saja. Sehingga artikel ini bertujuan baik untuk mengetahui bagaimana mengembangkan potensi masyarakat, walaupun dengan keadaan yang tidak seperti biasanya. Hampir 100 % kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Namun, kegiatan tersebut tak seimbang dengan kemampuan masyarakat untuk mengikuti pembelajaran maupun kegiatan kemasyarakatan secara daring. Masih banyak, bahkan 95 % masyarakat berkeluh kesah atas dampak pembelajaran maupun kegiatan masyarakat secara baik.
Referensi
Andayani, Trisni. Dkk. 2020. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
Sugito, Yogi. 2013. Metodologi Penelitian. Metode Percobaan dan Penulisan Karya Ilmiah. Malang: UB Press
Akmaliyah, K. R. (2020). Online-based Teaching of Arabic Translation in the Era of Covid. IOSR Journal Of Humanities And Social Science, 17.
Suwendra, Wayan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Keagamaan. Badung: Nilacakra
Zubaedi. 2016. Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik. Jakarta: Kencana
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Elly Marlina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.