Pendampingan Belajar Daring Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kampung Kebon Terong
Kata Kunci:
pendampingan belajar, pandemi covid-19, siswaAbstrak
Pendampingan belajar di masa pandemi COVID-19 ini merupakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu upaya pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Tujuan utama dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk (1) meningkatkan motivasi serta minat siswa terhadap pembelajaran (2) membantu meringankan beban orangtua dalam membimbing anak-anak selama proses pembelajaran daring (3) mengatasi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan selama proses pembelajaran daring. Pendampingan belajar ini dilaksanakan secara luring, yakni mahasiswa dan siswa melakukan proses belajar mengajar secara langsung dan tatap muka. Adapun metodologi pelaksanaan dalam pendampingan belajar ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, perencanaan, sosialisasi, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan tahapan dalam pendampingan belajar dilakukan dengan memberikan penjelasan materi mata pelajaran, mendampingi siswa dalam mengajarkan tugas sekolah, mengaji, praktik mengahafalkan do’a dan menulis lafat Arab serta pemberian reward. Hasil pendampingan belajar menunjukkan bahwa, (1) meningkatnya hasil belajar siswa (2) pemahaman siswa terhadap materi pelajaran semakin baik (3) anak lebih antusias dan aktif selama proses pembelajaran (4) meningkatkatnya motivasi serta minat siswa terhadap pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa program pendampingan belajar di masa pandemi COVID-19 ini memberikan dampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa serta menimbulkan efektivitas selama proses pembelajaran.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Alfin Abdussalam
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.