Pemberdayaan Anak Melalui Prilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Metode Bimbingan Islam di TKQ Kelurahan Palasari
Kata Kunci:
Pemberdayaan, Bimbingan, PengajaranAbstrak
Pemberdayaan anak melalui Perilaku hidup sehat dan bersih adalah sekumpulan perilaku yang diperaktikan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. Yang menjadikan individu, kelompok dan masyarakat mampu menolong dirinya sendiri dibidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Manfaat perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan antara lain, terciptanya lingkungan yang terlindungi dari berbagai gangguan dan ancaman penyakit, meningkatnya semangat proses belajar mengajar yang berdampak pada prestasi belajar anak. Dengan menerapkan metode bimbingan Islam sangat penting diberikan kepada anak-anak di TKQ Sabilul-Haq, karena mereka dapat diarahkan bagaimana cara-cara sederhana dalam menerapkan pola hidup sehat, serta dalam melakukan pencegahan dari berbagai masalah kesehatan maupun masalah lainnya. Dalam bimbingan Islam banyak mengajarkan makna kehidupan, seperti mengajarkan bagaimana arti sebuah kehidupan serta menuntun insan kembali kejalan Allah
Referensi
Adliyani, Z. O. N. (2015). Pengaruh perilaku individu terhadap hidup sehat. Jurnal Majority, 4(7), 109–114.
Alif, Bhakti, K. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan Covid-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3, 69.
Anik,M.(2013). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta:Trans Info Media A.
Bastomi, H. (2020). Optimization Of Religious Extension Role In Covid-19 Pandemic. Journal of Advanced Guidance and Counseling, 1 No. 2, 157–179.
Jurnal Washyah, 1(2), 288–304. Nurhajati, N. (2015). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Masyarakat Desa Samir dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat.
Kurniawan, H. (2017). Upaya peningkatan derajat kesehatan pada anak di panti asuhan melalui edukasi perilaku hidup bersih dan sehat. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 3(1).
Mirwan, Trinurmi, S., & Syamsyidar. (2020). Metode Bimbingan dan Penyuluhan Islam dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat.
Rahmadeni, A. S., Hayat, N., Novia, R., Siska, D., & Yunaspi, D. (2019). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dan Pembagian Sembako Pada Anak Di Panti Asuhan Mahabbatul Haq Tanjung Uma Batam. Jurnal Abdimas Saintika, 1(1), 141–144.
Raksanagara, A. S., & Raksanagara, A. (2015). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Determinan Kesehatan yang Penting pada Tatanan Rumah Tangga di Kota Bandung. JSK, 1(1), 30–34.
Sari.N.I.Widjanarko.B& Kusumawati, A. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubung Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Upaya Untuk Pencegahan Penyakit Pada Siswa di SDN Karangwoto Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak. Jurnal Kesehatan Masyarakat. KKM UNDIP Vol.4 No.3 ISSN:2356-3346
Sulaeman & Supriadi. (2020). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Jelantik dalam Menghadapi Pademi Corona Virus Diseases-19 (Covid-19). Pengabdian & Pembardayaan Kepada Masyarakat, 1, 12–17.
Undang-Undang No.36 Tahun 2009 Pasal 79 Tentang Kesehatan.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Pendidikan Nasional Berfungsi Mengembangkan Kemampuan dan Membentuk Karakter Bangsa yang Bermanfaat.
Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Asep Jaka Amaruloh
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.