Upaya Pelaksanaan Pendidikan dan Pengajaran Di Desa Jatimukti Kec. Jatinangor Kab. Sumedang Jawa Barat

Penulis

  • Anisa Ilmia Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Annisa Zahra Salsabila omunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • M Ridwan Waliyudin Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Okky Octaviana Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

penduduk, pemberdayaan, pendidikan

Abstrak

Pendidikan dan pengajaran seyogiyanya menjadi isu yang sangat penting untuk dikaji, karena memiliki peranan yang sangat krusial dalam segala aspek kehidupan. Setiap manusia yang lahir didunia ini akan tumbuh dan berkembang berdasarkan nilai-nilai Pendidikan yang ia dapat. Terlepas Pendidikan yang diberikan baik atau buruk, hal tersebut itulah yang kemudian akan membentuk pola pikir dan perilaku seseorang. Maka dari itu, perlu kiranya kerjasama dari berbagai pihak untuk mengupayakan pelaksanaan Pendidikan khususnya di Desa Jatimukti Kec. Jatinangor Kab. Sumedang. Tujuan penelitian ini tidak lain untuk meningkatkan upaya pelaksanaan Pendidikan dan pengajaran yang baik di Desa Jatimukti Kec. Jatinangor Kab. Sumedang. Dalam melakukan penelitian ini, kami menggunakan metode studi kasus yakni melakukan serangkaian kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang komprehensif berkaitan dengan peristiwa tersebut. (Rahardjo, 2017: 3) Hasil dari penelitian ini ialah pengetahuan terkait kondisi pendidikan di Desa Jatimukti, mengetahui penyebab rendahnya minat warga pada Pendidikan dan solusi yang ditawarkan untuk mengkomparasikan Pendidikan dan pengajaran.

Referensi

Ainiyah Nur dan Nazar Husain Hadi Pranata Wibawa, 2013. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Ulum (Gorontalo : IAIN Gorontalo)

Dolong, H. M Jufri. Sudut Pandang perencanaan dalam pengembangan pembelajaran, Vol V, No. 1, 2016

Drost SJ. J. 2000. Reformasi pengajaran : salah asuhan orang tua? Jakarta : Grasindo

Istikomah, 2017. Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal, Jurnal Fakultas Agama Islam UMSIDA, Vol. 28 No. 2

Laksana, Sigit Dwi. 2016. Urgensi Pendidikan Islam Dalam Perbahan Sosial Di Masyarakat, Jurnal Aristo, Vol. 4 No. 2

Nurkholis, 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan. Vol. 1 No. 1

Qasim Muhammad, 2016. Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaran, Jurnal diskursus islam, Vol. 4 No. 3, 2016

Rahardjo, Mudjia. 2017, Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya, ( Malang : UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Salihin, 2016. "Pemikiran Tasawuf Hamka dan Relevansinya Bagi Kehidupan Modern". Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu

Sukadari dan Dr. T. Sulistiyono, M. Pd., MM, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta : Penerbit Cipta Bersama

Wajdi, Muh. Barid Nizaruddin, Pendidikan Ideal Menurut Ibnu Khaldun Dalam Muqaddimah, Jurnal Lentera Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi. ISSN: 1693-6922

Y Soegeng Ysh, Konsep Pendidikan Dan Pengajaran Rangkuman Telaah Kritis Perbedaan, Hubungan Dan Penerapannya.

Yusuf, Munir 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan, Palopo : Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-03

Cara Mengutip

Ilmia, A., Salsabila, A. Z., Waliyudin, M. R., & Octaviana, O. (2022). Upaya Pelaksanaan Pendidikan dan Pengajaran Di Desa Jatimukti Kec. Jatinangor Kab. Sumedang Jawa Barat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(46), 84–99. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/860

Terbitan

Bagian

Articles