Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sekolah Dasar Desa Sunia di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Sri Nurmayanti Program studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurun Niswah Program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Susilawati Susilawati Program studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Herdiyana Shiddiq Program studi Ilmu Hadits, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tanti Dewinggih Program studi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

mahasiswa, pandemi, pendidikan

Abstrak

Di masa pandemi seperti ini pendidikan menjadi hal yang sangat sensitif.  Dengan melihat situasi dan kondisi  yang ada saat ini, maka kita harus memberikan beberapa strategi atau acuan yang bisa kita lakukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.  Sistem pembelajaran luring (shift model) dianggap kurang efektif karena adanya ketidak tercapaian berbagai tujuan pendidikan. Mahasiswa KKN-DR berperan dalam membantu untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kualitas belajar siswa Sekolah Dasar di Desa Sunia yaitu dengan menyajikan beberapa program kerja. Adapun kegiatan mengajar ke Sekolah Dasar dengan memberikan pembelajaran yang dikemas secara menarik. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa dalam meningkatkan dan mengoptimalkan bidang pendidikan. Serta, sebagai solusi alternatif pembelajaran dimasa pandemi covid-19. Metode pengabdian ini dilakukan dengan cara membantu mengajar di sekolah Dasar dan memberikan pengajaran yang dikemas secara menarik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu program kerja yang disajikan oleh mahasiswa KKN-217 dinilai efektif dalam meningkatkan dan mengoptimalkan kualitas pendidikan siswa Sekolah Dasar

Referensi

Herdianto. (n.d.). Model Pembelajaran Berbasis Game. 148, 148–162.

Rochanah, R. (2020). Peran Mahasiswa Pgmi Iain Kudus Sebagai Agent of Change Di Masa Pandemi Covid-19. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 339. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8094

Aini, N. (2021). Kualitas Belajar Menurun Selama Masa Pandemi, Setuju. Yoursay.Id. https://yoursay.suara.com/news/2021/05/19/141953/kualitas-belajar-menurun selama-masa-pandemi-setuju.

Diknas.okukab. (2020). Pembelajaran dimasa pademi Covid. Diknas.Okukab.Go.Id/. https://diknas.okukab.go.id/berita/detail/pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19

Lp2m.uinsgd.ac.id (2021). Edaran KKN DR SISDASMAS Tahun 2021. Lp2m.Uinsgd.Ac.Id/.https://www.lp2m.uinsgd.ac.id/information/announcement/3

Silabus.web.id. (n.d.). Pengertian Kuliah Kerja Nyata. Silabus.Web.Id. Retrieved September 10, 2021, from https://www.silabus.web.id/pengertian-kuliah-kerja-nyata/.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-03

Cara Mengutip

Nurmayanti, S., Niswah, N., Susilawati, S., Shiddiq, H., & Dewinggih, T. (2022). Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sekolah Dasar Desa Sunia di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(46), 47–57. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/853

Terbitan

Bagian

Articles