Penguatan Fungsi “Pojok Baca Abdi” sebagai Sarana Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Dimasa Pandemi

Penulis

  • Elsa Anggraeni Ilmu Komunikasi Humas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nevi Damayanti Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M. Taufiq Hidayat Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lela Siti Nurpadilah Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Nurfitriani Wardah Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hajir Tajiri Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Covid19, Minat Baca, Pojok Baca Abdi, Sarana Pembelajaran

Abstrak

Pojok Baca Abdi merupakan perpustakaan mini yang bukan hanya sekedar tempat membaca, tapi juga harus menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan guna meningkatkan minat baca anak dalam rangka memperluas ilmu pengetahuannya. Pojok Baca Abdi diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif bagi anak – anak agar tetap belajar dimasa pandemi Covid-19 sehingga dapat mengurangi dominasi penggunaan handphone yang sering membuat anak lupa waktu serta dapat mengatasi kejenuhan anak dalam belajar. Secara umum tujuan berdirinya Pojok Baca Abdi  adalah untuk menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan ( field research) yaitu mengadakan pengamatan secara langsung untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pojok Baca Abdi yang ada di Desa Nagrog tepatnya di Dusun Tanjungsari  dibuat dengan beberapa program kegiatan yaitu program membaca selama 15 menit dan program pembelajaran Bahasa Inggris. Kuliah Kerja Nyata yang kami laksanakan di tempat tersebut mencoba memberikan sedikit peran, melalui sumbangan pemikiran dalam program pembelajaran Inggris yang menarik dan menyenangkan. Melalui kedua program tersebut berhasil menarik anak-anak untuk berkunjung ke Pojok Baca Abdi. Selain tertarik oleh adanya pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan, anak-anak juga antusias meminjam buku untuk mereka baca dirumah.  Dengan demikian, Pojok Baca Abdi dapat menjadi sarana pembelajaran yang dapat meningkatkan minat baca anak-anak. Selain itu,  kegiatan ini juga dapat membantu orangtua yang kesulitan dalam mengatur dan meminimalisir aktifitas penggunaan gadget pada anak-anak dirumah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-07

Cara Mengutip

Anggraeni, E., Damayanti, N., Hidayat, M. T. ., Nurpadilah, L. S. ., Wardah, S. N. ., & Tajiri, H. . (2021). Penguatan Fungsi “Pojok Baca Abdi” sebagai Sarana Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Dimasa Pandemi . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(2), 24–38. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/85

Terbitan

Bagian

Articles