Optimalisasi Kegiatan Pembelajaran pada Masa Pandemi di MI Cibonte Melalui Kelompok Belajar

Penulis

  • Elly Marlina Prodi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Novia Melinda Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hera Risnawati Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zahrotul Aulia Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Rakha Fauzan Prodi Pendidikan Agama Islma, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pandemi covid-19, kelompok belajar, metode pembelajaran

Abstrak

Pandemi Covid-19 membuat berbagai persoalan dalam berbagai aspek termasuk aspek pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring memberikan kendala bagi banyak orang sehingga pembelajaran menjadi kurang optimal. Solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah dengan kelompok belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai untuk kelompok belajar diantaranya yaitu Fun Learning dan Make a Match. Tujuan pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk membantu mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di masa pandemi serta bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran serta pengabdian kepada masyarakat. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini meliputi persiapan, pelaksanaan yang terdiri dari pendampingan kelompok belajar serta penerapan metode pembelajaran kooperatif, serta evaluasi. Hasil pengabdian menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran melalui kelompok belajar serta penggunaan metode kooperatif dapat memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik serta mampu meningkatkan motivasi belajar pesera didik

Referensi

Alwahidi, A. Z., Sani, M. I., & dkk. (2021). Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 120-123.

Amirudin, Hayati, S. H., & dkk. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kelompok Belajar. Islamic Education Journal, 1-13.

Arfiah, S. (2017). PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V C SD NEGERI 004 TEMBILAHAN KECAMATAN TEMBILAHAN. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 267-275.

Atsani, L. G. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 82-93.

Baticulon, R. E., & dkk. (2021). Barriers to Online Learning in the Time of COVID 19: A National Survey of Medical Students in the Philippines. Medical Science Educator, 615–626.

Dewi, S. G., & Gunawan, H. (2019). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KELOMPOK KECIL MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Jurnal Neraca, 202-214.

Jaelani, Ramadhina, L., & dkk. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN KELOMPOK MELALUI TEKS CERPEN DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia Sasindo Unpam, (pp. 326-331).

Khoiruman, M. A. (2021). ONLINE LEARNING PROBLEMS; STUDENTS' ENGLISH LEARNING BARRIERS. Darussalam English Journal (DEJ), 51-59.

Kuspiyah, H. R., Zulaikah, & Nuriah, A. L. (2021). PENDAMPINGAN KELOMPOK BELAJAR BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMI COVID-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1121-1129.

Mikran, Pasaribu, M., & Darmadi, I. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini Pada Konsep Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 9-16.

Nabilah, G. A., Sudjani, D. H., & Rachma, F. M. (2021). Pengaruh Efektivitas Metode Fun Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas IV di SD Islam Nurul Jihad. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 149-157.

Primasari, I. F., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 64-73.

Regmi, K., & Jones, L. (2020;20(1):91). A systematic review of the factors –enablers and barriers – affecting e-learning in health sciences education. BMC Medical Education, 1-18.

Saputri, R. R. (2018). PENGARUH STUDY CLUB( KELOMPOK BELAJAR ) DAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM PROSES BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017 / 2018. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

Sukirwan. (2020). PEMBELAJARAN DARI RUMAH: DARI KLASIKAL KE DIGITAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (pp. 267-276). Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Tanduk, R., Mangera, E., & dkk. (2021). PENDAMPINGAN KELOMPOK BELAJAR BAHASA INDONESIA MASAPANDEMI COVID-19 DI LEMBANG BANGKELEKILA’ KABUPATEN TORAJA UTARA. Indonesian Journal of Community and Service (IJOCS), 330-335.

Ulya, N. M. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang). Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 1-25.

Yasir, M. (2017). PENGARUH METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGARUH METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN. DEIKSIS , 139-146.

Yunitasari, P. (2017). PENGARUH PEMBENTUKAN KELOMPOK BELAJAR DALAM TEAM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI DIII KEPERAWATAN AKADEMI KESEHATAN KARYA HUSADA YOGYAKARTA. Jurnal Medika Respati, 56-61.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-03

Cara Mengutip

Marlina, E., Melinda, N., Risnawati, H., Aulia, Z., & Fauzan, M. R. (2022). Optimalisasi Kegiatan Pembelajaran pada Masa Pandemi di MI Cibonte Melalui Kelompok Belajar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(46), 35–46. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/849

Terbitan

Bagian

Articles