Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Berbasis Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs Darul Fikri Materi Gerak

Penulis

  • Algi Nurahman Miladanta Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amung Ahmad Syahir Muharam Program Studi, Fakultas, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pembelajaran tatap muka, media pembelajaran, quizizz, hasil belajar IPA

Abstrak

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era digitalisasi yang disebut era revolusi industri 4.0 merupakan perubahan zaman yang banyak membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan. Media penunjang pembelajaran yang efektif dan efisien dapat tercipta dengan banyaknya alternatif seperti aplikasi pembelajaran digital. Penelitian ini membutuhkan inovasi media pembelajaran agar peserta didik tidak merasa bosan saat kegiatan belajar mengajar berangsung. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi gerak kelas VIII di MTs Darul Fikri Sukabumi berbasis media Quizizz. Metode penelitian ini menggunakan tahapan KKN-DR Sisdamas yaitu refleksi sosial, perencanaan program, pelaksanaan. Pengumpulan data dengan menggunakan metode pretest dan post test pada satu kompetensi berlangsung selama tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan hasil belajar rata-rata pada pretest (pembelajaran tidak menggunakan media Quizizz) sebesar 32% dan post test (pembelajaran menggunakan media Quizizz) sebesar 80%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-04

Cara Mengutip

Miladanta, A. N., & Muharam, A. A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Berbasis Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs Darul Fikri Materi Gerak. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(27), 25–37. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/84

Terbitan

Bagian

Articles