Pemahaman dan Metode Pengajaran Alquran masa Pandemi di Masyarakat Pangkalan Kerinci, Riau

Penulis

  • Alang Perkasa Buana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Elvi Syukrina Erianto UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Covid-19, Pengajaran Alquran, Pengabdian

Abstrak

Al-Qur'an lestari hingga Hari Kiamat, begitu juga dengan pembelajaran Al-Qur'an harus diupayakan agar lestari dapat diberikan kepada umat manusia bagaimanapun keadaannya, termasuk dalam situasi pandemi Covid-19.  Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran Al-Qur'an di era Covid-19 di Pangkalan Kerinci, Riau. Rumusan penelitian ini berfokus membahas bagaimana metode pembelajaran Al-Qur'an di era Covid-19 di Pangkalan Kerinci, Riau, tujuan pembelajaran Al-Qur'an yang masih diprioritaskan di era Covid-19 dan tujuan pembelajaran Al-Qur'an.  Al-Qur'an diberikan kepada siapa saja. Untuk itu pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode studi lapangan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode pembelajaran al-Qur'an dilakukan dengan menggunakan sistem halaqah dan pembelajaran di rumah di mesjid (2) tujuan pembelajaran ini agar anak-anak mencintai Al-Qur'an sejak kecil dan menghidupkan Al-Qur'an di era Covid-19;  dan (3) sasaran pembelajaran diberikan kepada anak usia sekolah dasar dan madrasah tsanawiyah di Pangkalan Kerinci, Riau.

Referensi

Rachmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. In abdulhamid.id. https://abdulhamid.id/wp-content/uploads/2020/09/Mengumpulkan-Data-Penelitian-kualitatif.pdf

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Perkasa Buana, A. ., & Syukrina Erianto, E. . (2022). Pemahaman dan Metode Pengajaran Alquran masa Pandemi di Masyarakat Pangkalan Kerinci, Riau. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(52), 179–182. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/828

Terbitan

Bagian

Articles