Kontribusi dan Upaya Mahasiswa Menyelesaikan Permasalahan Pendidikan dan Kemasyarakatan di Kampung Cikoneng pada Suasana Pandemi

Penulis

  • Dimas Alfiansyah Deana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dzulliza Lathifani Nurul Rizki UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Erianto UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kontribusi, Model Pembelajaran, Pengabdian, Peran Mahasiswa

Abstrak

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ialah proses pendidikan mahasiswa lewat bermacam aktivitas langsung ditengah-tengah masyarakat , serta mahasiswa berupaya menjadi bagian dari masyarakat  dan secara aktif serta kreatif ikut serta dalam dinamika yang terjalin di masyarakat . Mahasiswa memiliki kedudukan strategis selaku agen of change. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk dedikasi mahasiswa kepada masyarakat melalui pemberian dorongan pemberdayaan, pelatihan, penyuluhan, pembimbingan, dan pendampingan.

Dalam kegiatan ini tempat pelaksanaan KKN-DR 2021 di kampung Cikoneng RW 03 Desa Cibiru Wetan, yang mana tempat nya masih asri dan memiliki udara yang baik, tetapi untuk menjaga dan meminimalisir terjadinya kerumunan dan penyebaran covid–19 maka dilakukan pengelompokkan dalam melaksanakan kegiatan KKN–DR 2021 ini. KKN–DR 2021 yang berlangsung selama 1 bulan ini bertujuan untuk memberikan pengabdian berupa kontribusinya terhadap masyarakat baik itu dalam bidang pendidikan ataupun kemasyarakatan. Bidang Pendidikan berfokus dalam penerapan model pembelajaran langsung di PAUD, SD dan TPA, dan bidang kemasyarakatan berfokus pada pelatihan e-commerce pada masyarakat yang memiliki UMKM dengan menggunakan metode penyuluhan, pendampingan dan praktik.  Dari kegiatan KKN tersebut, memberikan manfaat kepada para kader pengajar dengan informasi dan pengetahuan tambahan, serta dari bidang kemasyarakatan  mendapatkan respon yang positif terhadap pemberian materi tentang foto produk dan pemamfaatan media penjualan online.

Referensi

Rochanah, Peran Mahasiswa PGMI Kudus Sebagai Agent of Change Di Masa Pandemi Covid – 19, Elementary, Vol 8, No 2 Juli – Desember 2020

Beni Ahmad Saebani, Pengantar Antropologi (Bandung: CV Pustaka Setia, 2012)

Habib Cahyono, Peran Mahasiswa Di Masyarakat, Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudi, Vol 1 No. 1 November 2019

Cally, Sadli, 2012, Mahasiswa Dan Menulis PWK, institut teknologi bandung,November, 2010, peran dan fungsi mahasiswa

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP V.14): Multikulturalisme Dan Pergulatan Identitas: 2010, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada.

Riska. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Peristiwa Disekolah Dasar’. JPGSD. Vol 2 Nomor 3. Hal 3

Riska, agus wilanda. 2014. penerapan model pembelajran langsung untuk meningkatkan hasil belajar pada tema peristiwa di sekolah dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya

Adhitya Nur Fathurrahman, Dedi Setyo Utomo, Viola Yorika Ramadhani, Istiharoh, Dhea Novita Aryani Putri. Peran Mahasiswa: Pendidikan Dan Mental Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Tlogosari Wetan Pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Alfiansyah Deana, D. ., Nurul Rizki, D. L. ., & Erianto. (2022). Kontribusi dan Upaya Mahasiswa Menyelesaikan Permasalahan Pendidikan dan Kemasyarakatan di Kampung Cikoneng pada Suasana Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(52), 146–159. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/820

Terbitan

Bagian

Articles