Pengembangan Pola Pikir Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Melalui Penyuluhan Pendidikan di Kampung Nangoh

Penulis

  • Arif Muzinburrohman Sejarah dan Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ismi Ratnangsih Perbandingan Mazhab dan Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Risa Rusdianti Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tsani Siti Nurlaila Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ferli Septi Irwansyah Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kampung Nangoh, KKN DR, Konseling, Pendidikan

Abstrak

Pendidikan, kemapuan,pengetahuan merupakan  salah satu modal utama yang harus di miliki setiap orang di zaman yang serba sulit ini. Namun, di negara Indonesia sendiri masih banyak yang tidak mengenyam bangku pendidikan sebagaimana mestinya. khususnya di daerah-daerah terpencil di sekitar wilayah Indonesia. kampung Nangoh Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut merupakan salah contoh daerah yang masih minim pemahaman akan pentingnya pendidikan.  Sehingga kami mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang diberi tugas memberdayakan masyarakat dalam program KKN-DR sisdamas terjun ke kampung Nangoh secara langsung untuk memberikan arahan tentang pentingnya pendidikan. kuliah kerja nyata atau KKN Dr sendiri merupakan kegiatan akademik yang dilakukan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Adapun pemberdayaan yang dilakukan adalah open donasi yang hasilnya di kelola untuk sarana dan prasarana bidang pendidikan. Kemudian dibentuknya Orgamas yang akan menjadi motor penggerak untuk program-program yang akan dijalankan masyarakat terkait dengan pengembangan pendidikan. Salah satu program yang telak terlaksana yaitu penyuluhan mengenai pentingnya pendidikan

Referensi

Dewantry., Budiwati,SD., & Sanjaya,MB. 2015. Aplikasi Pengelolaan Dana Donasi untuk Penderita Kanker (Studi Kasus: Yayasan Kanker Indonesia)

Lazwardi, D. 2017. Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan pendidikan. Al-Idarah Jurnal Kependidikan Islam Vol.7, 101

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan.Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rais, Ahmad. 2020. Metode Pendidikan Islam Meurut Imam Syafi’I dan Relevansinya dalam dengan pembentuka karakter.

Republik Indonesia, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Wayan, I. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 4. 1

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Muzinburrohman, A., Ratnangsih, I., Rusdianti, R., Nurlaila, T. S., & Irwansyah, F. S. (2022). Pengembangan Pola Pikir Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Melalui Penyuluhan Pendidikan di Kampung Nangoh. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(53). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/817

Terbitan

Bagian

Articles