Manajemen Penyelesaian Koflik Bersama Karang Taruna Desa Palalangon, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung

Penulis

  • Ferdian Arianto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Astri Yuliawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Manajemen Konflik, Organisasi, komunikasi

Abstrak

Salah satu persoalan yang sering muncul selama berlangsungnya perubahan di dalam organisasi adalah adanya konflik antar anggota atau antar kelompok. Salah satu penyebab timbulnya konflik adalah adanya penolakan terhadap perubahan. Konflik tidak hanya harus diterima dan dikelola dengan baik, tetapi juga harus didorong, karena konflik merupakan kekuatan untuk mendatangkan perubahan dan kemajuan dalam lembaga. Dalam suatu organisasi yang menjalankan aktivitas secara baik dikarenakan unsur-unsur pendukung bekerja secara terpadu, dimungkinkan terjadinya konflik, karena di dalam suatu organisasi terdapat berbagai perilaku orang yang berbeda-beda. Konflik yang terjadi pada suatu organisasi karena perilaku manusia sebagai sumberdaya manusia akan berpengaruh pada efektivitas organisasi, karena itu, setiap konflik yang terjadi diharapkan dapat diselesaikan melalui manajemen konflik. Melihat banyaknya konflik yang terjadi di ruang lingkup organisasi, saya berinisiatif untuk mengadakan seminar manajemen konflik yang diadakan di Desa Palalangon, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung bersama karang tarunan desa setempat. Tujuannya dilakukannya kegiatan ini adalah agar teman-teman karang taruna diharapkan lebih bisa memanage permasalahan yang terjadi di ruang lungkup karang taruna dan desanya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu Metode Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) yang terdiri dari beberapa siklus. Hasil dari kegiatan yang sudah dilakukan adalah karang taruna Desa Palalangon sudah lebi percaya diri dan bisa memanage dan menyelesaikan konflik yang terjad dengan baik.

Referensi

Rakhmat, Jalaluddin. 1998. Psikologi Komunikasi Remaja. Rosdakarya Bandung.

Reece, B.L & Rhonda Brand. 1993. Effective Human Relations in Organization, Houghton Mifflin Company, Boston- Toronto

Littlejohn, Stephen W. 2002. Theories of Human Communication. Seventh Editions; Relmont California, Wadsworth Publishing Company,

Mohammad As'ad. 1998. konflik cara mengaiasinya dalam Perusahaan Masalah Tema kerja Th. . FT. Asuransi Jiwa Seraya. Jawa Tengah

Irawati D. 2007. Manajemen konflik sebagai upaya meningkatkan kinerja teamwork

dalam organisasi. Segmen Jurnal Manajemen Bisnis, (2): 15-27.

Kaushal R, Kwantes CT. 2006. The role of culture and personality in choice of conflflict

management strategy. International Journal of Intercultural Relations, 30(5):

-603.

Sudarma K. 2012. Strategi Membangun Kompetensi Terhadap Kinerja Organisasi Dampaknya Pada Pembelajaran Organisasi. Semarang (ID): Unnes.

West M. 2002. Sparkling fountains or stagnant ponds: An integrative model of

creativity and innovation implementation in work groups. Applied Psychology:

An International Review, 51(3): 355-424.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Arianto, F. ., & Yuliawati, A. . (2022). Manajemen Penyelesaian Koflik Bersama Karang Taruna Desa Palalangon, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(52), 116–122. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/813

Terbitan

Bagian

Articles