Manajemen Penyelesaian Koflik Bersama Karang Taruna Desa Palalangon, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung
Kata Kunci:
Manajemen Konflik, Organisasi, komunikasiAbstrak
Salah satu persoalan yang sering muncul selama berlangsungnya perubahan di dalam organisasi adalah adanya konflik antar anggota atau antar kelompok. Salah satu penyebab timbulnya konflik adalah adanya penolakan terhadap perubahan. Konflik tidak hanya harus diterima dan dikelola dengan baik, tetapi juga harus didorong, karena konflik merupakan kekuatan untuk mendatangkan perubahan dan kemajuan dalam lembaga. Dalam suatu organisasi yang menjalankan aktivitas secara baik dikarenakan unsur-unsur pendukung bekerja secara terpadu, dimungkinkan terjadinya konflik, karena di dalam suatu organisasi terdapat berbagai perilaku orang yang berbeda-beda. Konflik yang terjadi pada suatu organisasi karena perilaku manusia sebagai sumberdaya manusia akan berpengaruh pada efektivitas organisasi, karena itu, setiap konflik yang terjadi diharapkan dapat diselesaikan melalui manajemen konflik. Melihat banyaknya konflik yang terjadi di ruang lingkup organisasi, saya berinisiatif untuk mengadakan seminar manajemen konflik yang diadakan di Desa Palalangon, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung bersama karang tarunan desa setempat. Tujuannya dilakukannya kegiatan ini adalah agar teman-teman karang taruna diharapkan lebih bisa memanage permasalahan yang terjadi di ruang lungkup karang taruna dan desanya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu Metode Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) yang terdiri dari beberapa siklus. Hasil dari kegiatan yang sudah dilakukan adalah karang taruna Desa Palalangon sudah lebi percaya diri dan bisa memanage dan menyelesaikan konflik yang terjad dengan baik.
Referensi
Rakhmat, Jalaluddin. 1998. Psikologi Komunikasi Remaja. Rosdakarya Bandung.
Reece, B.L & Rhonda Brand. 1993. Effective Human Relations in Organization, Houghton Mifflin Company, Boston- Toronto
Littlejohn, Stephen W. 2002. Theories of Human Communication. Seventh Editions; Relmont California, Wadsworth Publishing Company,
Mohammad As'ad. 1998. konflik cara mengaiasinya dalam Perusahaan Masalah Tema kerja Th. . FT. Asuransi Jiwa Seraya. Jawa Tengah
Irawati D. 2007. Manajemen konflik sebagai upaya meningkatkan kinerja teamwork
dalam organisasi. Segmen Jurnal Manajemen Bisnis, (2): 15-27.
Kaushal R, Kwantes CT. 2006. The role of culture and personality in choice of conflflict
management strategy. International Journal of Intercultural Relations, 30(5):
-603.
Sudarma K. 2012. Strategi Membangun Kompetensi Terhadap Kinerja Organisasi Dampaknya Pada Pembelajaran Organisasi. Semarang (ID): Unnes.
West M. 2002. Sparkling fountains or stagnant ponds: An integrative model of
creativity and innovation implementation in work groups. Applied Psychology:
An International Review, 51(3): 355-424.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ferdian Arianto
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.