Pendampingan Belajar Bahasa Arab dan Inggris Melalui Metode Bernyanyi pada Anak-Anak Desa Cibitung Rongga Kab. Bandung Barat
Kata Kunci:
Minat Bahasa, Metode Bernyanyi, AntusiasAbstrak
Covid-19 adalah virus berbahaya yang mengakibatkan beberapa kegiatan masyarakat tidak berjalan dengan efektif, termasuk kegiatan pada bidang Pendidikan. Bidang Pendidikan di Desa Cibitung mengalami kritis minat dan motivasi, banyak anak yang tidak semangat belajar terutama pada bidang Bahasa asing yaitu Bahasa Arab dan Inggris. Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap pembelajaran Bahasa asing. Untuk meningkatkan minat dan pemahaman tersebut maka penulis menggunakan metode bernyanyi selama proses belajar mengajar berlangsung. Penggunaan metode tersebut menunjukkan anak-anak di Desa Cibitung sangat antusias belajar Bahasa sambil bernyanyi dan mudah menghapal kosakata.
Referensi
Davik, 2020 Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Siswa, Jurnal lughoti: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol 1 No 2
Djamarah, Syaiful Bahri. (2000).Psikologi Belajar. Banjarmasin: Rineka Cipta
Hairunisa Nany dan Amalia Husnun, 2020. Review Virus Corona baru 2019 Covid-19, Jurnal Biomedika dan Kesehatan Vol 3 No 2
Mulyana, 2002, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Slameto (2010:180) Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta. Rieneka. Cipta
Sudarsono, Joko. 2003. Menumbuhkan minat belajar untuk mencapai sukses dalam studi. Dalam sejarah remaja Gen 2000.No. 4. Th. II.Tri Wulan IV 2003. Hal 28 dan 29.
Madyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: kencana Prenadamedia Group.
Tim Penulis KKN-DR UIN SGD Bandung, 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid 19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 SettingsRipa Siti Pauziah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.