Pemberdayaan MDT dalam Memperkuat Ilmu Agama Dikalangan Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Pangabuan
Kata Kunci:
Madrasah Diniyah, Pendidikan Agama Islam, Madrasah Diniyah Takmiliyah AwwaliyahAbstrak
Madrasah Diniyah Takmiliyah merupakan lembaga pendidikan Islam non formal yang pelaksanaan pembelajarannya di lakukan pada sore hari dan fungsinya sebagai pelengkap pendidikan Agama Islam bagi masyarakat. Dalam penelitian ini masalah yang ada di masyarakat adalah kurangnya pemahaman terhadap Agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah dan mengetahui motivasi masyarakat Desa Pangabuan mengenyam pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi agama. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah tidak hanya mengkaji Baca Tulis Al-Quran saja melainkan sudah ada tambahan mata pelajaran Islam yang lainnya. Adapun motivasi masyarakat Desa Pangabuan lebih mengenyam pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah yaitu karena pembelajarannya sudah tertata dan letaknya sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.
Referensi
Ahmed, F., Alimuzjaman Alim, S. M., Islam, S., Bhusan, K., Kawshik, R., & Islam, S. (2016). 433 MHz (Wireless RF) Communication between Two Arduino UNO. American Journal of Engineering Research, (510), 2320–2847.
Bukhari. 2008. ‘Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna:Jurnal Studi Keislaman XII(2).
De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.
Rusydi Ananda, Tien Rafida. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. (Medan: Perdana Publishing, 2017)
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.
Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.
Hani Subakti, Kiftian Hady Prasetya. Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Vol. 3, No. 2, Desember 2020, Hal. 106-117. Diakses dari https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/93
Fathor Rachman, Ach. Maimun. Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) sebagai Pusat Pengetahuan Agama Masyarakat Pedesaan (Studi tentang Peran MDT di Desa Gapura Timur Gapura Sumenep) Vol.9 9, No. 1, Juni 2016, Hal. 56-94. Diakses dari http://jurnal.instika.ac.id/index.php/AnilIslam/article/download/9/3/
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Aan Diana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.