Efektivitas Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Anak pada Masa Pandemi di Desa Babelan Kota
Kata Kunci:
Covid-19, Pendidikan, Bimbingan BelajarAbstrak
Pandemi covid-19 memiliki dampak yang cukup besar, salah satu dampaknya adalah pendidikan. Karena dampak tersebut mengakibatkan pemerintah memutuskan untuk mengubah sistem pembelajaran dilakukan dengan cara belajar dari rumah atau daring. Selama pandemi covid 19 siswa di tuntut untuk bisa menggunakan teknologi karena pembelajaran dilakukan dengan berbagai macam media. Hasil menunjukkan bahwa secara umum para peserta didik mengalami banyak kendala selama sistem pembelajaran daring, terlebih orang tua yang kesulitan membimbing anak mereka yang masih belajar di Sekolah Dasar. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai sarana penyampaian ilmu dan rasa kepedulian para mahasiswa terhadap masyarakat khususnya dibidang pendidikan dalam bentuk kegiatan bimbingan belajar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar peserta didik dan membantu peserta didik belajar di Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampung Pintu RT O11 RW 004 Bekasi Utara.
Referensi
Y.N. Nofi, Yuni Ma’rufatul, Afan Rif’at M, Riski M,Royan A, M. Zaqi A.2020, pendampingan dalam Menghadapi Pembelajaran di Masa Pandemi Bagi Warga Dusun Macanan. Magelang: Universitas Muhammadiyah
Crow & Crow (Prayitno, 2004: 94). Pengertian Bimbingan. https://eprints.uny.ac.id.Tinjauan tentang Bimbingan Belajar
Hamalik, Oemar. (2004).Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta : Nuha Litera
Niswatun, Annisa. 2015. Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa yang mengikuti Bimbingan Belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di MI Al-Amin Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu. Jurnal Psikologi. IAIN Antasari Banjarmasin (Online : http://idr.iain-antasari.ac.id)
Depdikbud, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pusaka, 1989), 51
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1995). Hal. 24
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta : Rajawali Pers, 2009), hal. 50
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Pikologi Belajar (Jakarta:Rineka Cipta, 2004), hal. 105
Mustaqim dan Abdul Wahib, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991), hal.117
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 SettingsAbd.Rahman Assudais
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.