Pembinaan Kegiatan Belajar Mengajar dan Minat Baca di Desa Cimenyan Rw 11

Penulis

  • Ahmad Fadillah Program Studi Manajemen Keungan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ali Furqon Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Gabriel Ibrahim A Program Studi Akuntasi Syari'ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Haikal Yusuf H Program Studi Akuntasi Syari'ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lulu Khoirunnisa Program Studi Humas, Fakultas Dakwah an Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mumtaz Amri Rai Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Cimenyan, Minat baca, Pendidikan

Abstrak

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan, karena dunia pendidikan merupakan jembatan yang akan membimbing manusia untuk memperoleh pengetahuan yang lebih luas dan pemikiran yang sehat. Bentuk pendidikan dapat berupa pendidikan formal yang terdiri dari beberapa jenjang lembaga pendidikan, atau pendidikan nonformal yang berupa keluarga dan lingkungan sekitarnya. Di masa pandemi COVID-19, pendidikan resmi dihentikan karena merupakan salah satu upaya memutus mata rantai penularan virus dengan mengadakan sistem pembelajaran baru secara daring (online). Akibat sistem online ini banyak siswa, terutama yang duduk di bangku sekolah dasar, tidak dapat menikmati pendidikan secara sepenuhnya karena berbagai faktor, termasuk juga berkurangnya minat baca anak-anak. Seperti pendekatan dari seorang pengajar yang tidak maksimal kepada muridnya, terkendala oleh pemenuhan media belajar online dan pendidikan yang tidak membentuk karakter anak menjadi lebih baik adalah beberapa faktornya. Maka dari itu kami kelompok KKN 23 hadir di Desa Cimenyan untuk mencoba membenahi masalah yang ada di Desa Cimenyan terutama dibidang pendidikan.

Referensi

Krisnawati, Yulia. & Swarsih, Madya. 2004. Jurnal Penelitian dan Evaluasi: Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Metode Kontekstual di SLTP Negeri 25 Surabaya. Yogyakarta: PPS UNY.

Mardapi, Djemari. (2004). Implementasi Kurukulum Berbasis Kompetensi. Bandar

https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/verena-diandra/cara-mendidik-anak-agar-mudah-dimengerti/3, diakses 1 Juni 2002

https://serupa.id/pendekatan-pembelajaran/, diakses 6 september 2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Fadillah, A., Furqon, A., A, G. I., H, H. Y., Khoirunnisa, L. ., & Rai, M. A. (2022). Pembinaan Kegiatan Belajar Mengajar dan Minat Baca di Desa Cimenyan Rw 11. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(47). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/789

Terbitan

Bagian

Articles