Upaya Pelaksanaan Pembelajaran Luring di Masa Pandemi Sebagai Bentuk Kegiatan KKN di SD N Tanjungsari 02
Kata Kunci:
Kelas 6 SD, Pandemi, Pembelajaran LuringAbstrak
Pembelajaran Luring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memahami upaya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-DR SISDAMAS untuk mencapai pembelajaran luring selama pandemi, adapun latar belakang masalah yang akan dibahas yaitu (1) bagaimana upaya meningkatkan pembelajaran luring dimasa pandemi pada kelas 6 SD, (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat adanya pelaksanaan pembelajaran luring pada kelas 6 SD, (3) bagaimana ketercapaian pelaksanaan program pembelajaran luring di kelas 6 SD. Kegiatan ini menggunakan pendekatan edukatif. Data dalam kegiatan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini peserta didik mampu memahami serta memberikan kualitas yang baik dalam pembelajaran luring di masa pandemi ini. Disertai dengan berbagai faktor dalam pembelajaran luring ini, hal ini bisa mewujudkan pembelajaran yang efektif walaupun dengan waktu yang terbatas. Peserta didik juga mampu meningkatkan motivasi belajar selama pembelajaran luring.
Referensi
Afdila, Irda. dkk. “Pendekatan Budaya Dalam Webinar Pengajaran BIPA” (n.d.).
Amalia, Andina, and Nurus Sa’adah. “Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia.” Jurnal Psikologi 13, no. 2 (2020): 214–225.
Amalia, Husna. “Implementasi Home Visit Dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI Di SDIT Al-Azhar Kediri.” Didaktika Religia 4, no. 1 (2016): 77–106.
Anhar, Harizal. “Interaksi Edukatif Menurut Pemikiran Al-Ghazali.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 13, no. 1 (2013): 28.
Arsyad, Kamaruddin, and Siti Ramadhani. “Implementasi Health Behaviour, Skrining Kesehatan, Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Pendidikan Dan Keagamaan Di Desa Mattampa Bulu.” LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2021): 26–32.
Asro, Muhammad, and Dian Maulana Sidik. “Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Bagi Peserta Anak Didik Pada Sosialisasi Pengaruh Gadget.” Al-Khidmat 3, no. 1 (2020): 39–43.
Malyana, Andasia. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung.” Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia 2, no. 1 (2020): 67–76.
Manik, I Ketut. “Efektivitas Metode Tanya Jawab Multi Arah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS.” Mimbar PGSD Undiksha 8, no. 1 (2020): 133–142.
Mukhid, A. “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Pembelajaran Yang Tepat.” Tadrîs 2, no. 1 (2007): 120–133.
Pratama, Rio Erwan, and Sri Mulyati. “Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Gagasan Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (2020): 49.
Risdianto, Eko, Jeni Fitria, Henny Johan, and Julie Simon Macariola. “Teacher’s Perception of Thermodynamic Law Module Developed in Training through Student’s Critical Thinking Skills.” Journal of Social Work and Science Education 1, no. 1 (2020): 78–86.
Sari, Ria Puspita, Nabila Bunnanditya Tusyantari, and Meidawati Suswandari. “Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2, no. 1 (2021): 9–15.
Sartika, Rina. Agustina. Basri, Irfani. “Hubungan Motivasi Belajar Dan Keaktifan Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri Padang” 148 (n.d.): 148–162.
Sukitman, Trizid, Ahmad. “Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional, no. September (2020): 91–95.
Wardayati, Desiana Dwi. “Pengajaran Bahasa Bagi Pembelajar BIPA Dengan Tema Lingkungan Hidup.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 4, no. 3 (2019): 11–28.
Wuryandani, Wuri, Fathurrohman Fathurrohman, and Unik Ambarwati. “Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 15, no. 2 (2016): 208–216.