Meningkatkan Pendidikan di Desa Cipadung Kecamatan Cibiru di Tengah Pandemi Covid-19

Penulis

  • Yuliani Yuliani Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anggun Mega Pratiwi Atmadja PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan unung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN DR, Pengabdian, Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengabdi kepada Masyarakat serta Meningkatkan Pendidikan di Desa Cipadung Kecamatan Cibiru di Tengah Pandemi Covid-19. Hasil  dan pembahasan dari  hasil penelitian ini mencakup  tinjauan umum tentang Pendidikan di masyarakat desa Cipadung  khususnya di  rt 02 rw 01. Tentunya pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada masa pandemic seperti ini sangat berbeda dengan KKN yang  sebelum-sebelumnya dilakukan. Pelaksanaan Pendidikan, khususnya pada masa pandemic ini tentunya sulit untuk mencapai tujuan Pendidikan, baik untuk guru maupun untuk peserta didik. Karna diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sehingga penyampaian materi yang disampaikan oleh guru  dan penerimaan materi oleh peserta didikpun kurang maksimal, bahkan ada beberapa peserta didik  yang kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Maka dari itu penetilian ini menyimpulkan bahwa kegiatan KKN DR sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dan peran Mahasiswa masih bias dilakukan dengan rangkaian kegiatan inovatif serta tetap mematuhi protocol kesehatan.

Referensi

Rahmat, A. a. (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1): 62-71

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-04

Cara Mengutip

Yuliani, Y., & Atmadja, A. M. P. . (2021). Meningkatkan Pendidikan di Desa Cipadung Kecamatan Cibiru di Tengah Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(27), 19–24. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/77

Terbitan

Bagian

Articles