Pembatasan Penggunaan Media Sosial Terhadap Siswa Melalui Program Pendampingan Belajar di Masa Pandemi
Kata Kunci:
Pembatasan,, media sosial, belajar, bimbingan, pandemiAbstrak
Meskipun dengan adanya pandemi sekarang ini yang memaksa semua kegiatan dari segi Pendidikan seperti sekolah harus dilakukan di rumah, hal ini tidak menutup kemungkinan seseorang untuk membuat ide baru agar tetap bisa menjalankan aktivitas belajar namun tetap mematuhi himbauan pemerintah. Metode daring, sistem ini dilakukan dengan metode sekolah melalui sistem online dengan media Whatsapp atau media online lainnya. Sistem pembelajaran dengan metode daring banyak memiliki kesulitan-kesulitan yang timbul diantaranya jaringan dan paket data yang kadang habis sehingga menyebabkan ketertinggalan dalam mengikuti pembelajaran dan pengumpulan tugas. Seringkali para pelajar menggunakan media sosial dengan tanpa arahan dan pantauan orang tua sehingga mengakibatkan kebebasan akses kapanpun dan dimanapun tanpa adanya batasan waktu penggunaannya. Pembelajaran daring juga menyebabkan dampak kecanduan terhadap gadget apalagi kepada anak usia dini yang masih dalam masa pertumbuhan yang sensitif dan membutuhkan pengawasan yang lebih. Sehingga dengan hadirnya kita diharapkan bisa memberikan pembatasan penggunaan media, agar siswa tidak kecanduan dan dapat menggunakan media dengan baik dan sehat tanpa adanya penyalahgunaan media yang fatal.
Referensi
Firdaus, A. A. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. Yogyakarta: UAD PRESS
Gusty, Sri dkk. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19: Yayasan Kita Menulis.
K, R. G. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Banyumas: Penerbit Lutfi Gilang.
Kartikasari, Claudia. 2014. Makalah Pengertian Komunikasi Pembelajaran
Lutfiyah, & Rovianti, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa PandemiCovid-19. DIMASEJATI, 2
Mulyana, D.(2017). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Eli Melani kholifiah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.