Penerapan Metode Esq terhadap Pembelajaran Keagamaan Anak di Desa Cilame Rw 06 pada Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Keagamaan IslamAbstrak
Dalam Situasi pandemi COVID-19, hampir seluruh aktivitas dilakukan secara online, tak terkecuali pendidikan. Tingkat semangat dalam belajar semakin menurun dirasakan oleh hampir seluruh pelajar dalam berbagai tingkat. Tujuan paling utama yang ingin dicapai dari penulisan penelitian ini adalah untuk membangun kecerdasan emosional juga kecerdasan spiritual pada anak-anak yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran keagamaan di Masjid Al-Ikhlas Desa Cilame.
Referensi
Ginanjar, Ari Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ (Jakarta: Arga Publising, 2010)
Pahlawati, Eny Fatimatuszuhro. Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual (ESQ). Jurnal Sumbula: Vol. 6, No. 1, 2021.
Hadi, Wiwin Puspita, “Pengaruh Pengaitan Nilai Keimanan Dan Ketaqwaan Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, dan Persepsi Siswa” Jurnal Pembelajaran.Vol. 1, No. 2.
Hariyanto, Gregorius. Kamus Latin Bahasa Indonesia. (Malang: Postula Stella Maris, 2011).
Langgulung, Hasan. Uraian mengenai kedudukan Al-Qur'an dan Sunnah sebagai dasar Pendidikan Islam & Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan lstam. (Bandung:Al-Ma'arif, 1980).