Dampak Covid-19 pada Proses Pembelajaran dan Pendidikan di Sd Negeri Leuwiliang Cicalengka Bandung

Penulis

  • Nita Listyawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yana Sutiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Belajar, Pandemi Covid-19, Sekolah

Abstrak

Pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintahan Indonesia pun mengambil kebijakan yang bertujuan untuk memutus rantai virus Covid-19 ini, salah satu kebijakan yang pemerintah ambil yaitu dengan menjalankan sekolah online atau daring. Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya mengurangi penyebaran virus Covid-19 tentunya sangat berdampak kepada siswa dan guru. Dalam hal pelaksanaan sekolah online ini tidak semudah yang dibayangkan, seperti halnya di SDN leuwiliang yang terkendala dengan akses sinyal sehingga dengan terpaksa harus melakukan pembelajaran secara online dan tetap melakukan kegiatan pembelajaran offline dengan dibatasi jumlah peserta didik dan dikurangi waktu pembelajarannya, ditambah dengan kurangnya tenaga pengajar yang ada. Maka dari itu, kami mahasiswa dalam kegiatan pengabdian ini berusaha untuk ikut membantu sebagai tenaga pelajar sekaligus menjadikan posko sebagai tempat belajar untuk anak-anak dengan berbagai macam cara dan diselingi dengan permainan dan hiburan. Selain untuk membantu para guru, kami juga berharap para siswa mendapatkan hal baru yang belum mereka ketahui dan sebagai upaya untuk mengurangi rasa jenuh para siswa dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu untuk mengambarkan mengenai pelaksanaan permbelajaran online dan offline di masa pandemi pada SDN Leuwiliang Cicalengka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 meliputi 1) dilakukan dengan cara para siswa mendatangi rumah guru atau wali kelas. 2) siswa datang langsung ke sekolah belajar dengan jadwal bergantian saat pandemi.

Referensi

Agung Marwanto, Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Basicedu Vol 5, No. 4, 2021, hal. 2098

Ahidin, U. dkk. (2020). Covid 19 dan Work from Home. Desanta Muliavisitama.

Andina Amalia, Nurus Sa’adah. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi Volume 13 No. 2, 2020, hal. 215.

George Ritzer, Douglas J. Goodman, Teori Sosiologi Modern; edisi ke-6 (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2005).

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7, hal 639-648.

Risdianto, E., Fitria, J., Johan, H., & Macariola, J. S. (2020). Teacher's Perception of Thermodynamic Law Module Developed in Training through Student’s Critical Thinking Skills. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 78-86.

Septiani, V., & Cahyono, D. (2019). Education and Training Strategy in Palembang Aviation College. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8 (3)

Zulaiha, D., Lian, B., & Mulyadi, M. (2020). The Effect of Principal’s Competence and Community Participation on the Quality of Educational Services. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 45-57.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-04

Cara Mengutip

Listyawati, N., & Sutiana, Y. (2021). Dampak Covid-19 pada Proses Pembelajaran dan Pendidikan di Sd Negeri Leuwiliang Cicalengka Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(42). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/739

Terbitan

Bagian

Articles