Hambatan, Solusi dan Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa di Desa Ciranca pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Ayi Asmi Fauziah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Enjang Ilham Syaekhoni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Merli Ratnawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Roni Agung Fauzi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tanti Dewinggih UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Solusi, Pandemi Covid 19, Daring

Abstrak

Sebagaimana telah dilakukan kegiatan KKN DR yang salah satunya memiliki tujuan untuk mengetahui permasalahan yang dialami guru pada masa pandemi Covid-19.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan, solusi dan strategi menghidupkan motivasi belajar siswa di desa ciranca pada masa pandemic covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosialisasi dengan penyuluhan, diskusi dan praktek lapangan ke lokasi pengabdian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa hambatan dan kelemahan pembelajaran daring selama pandemic covid-19. Hambatan itu diantaranya pertama dalam pembelajaran daring dimana kondisi orang tua siswa yang lebih banyak menggunakan aplikasi WhatsApps (WA), kedua adalah kesulitan mencari jaringan internet, dan ketiga adalah siswa kesulitan mendapatkan sinyal yang stabil. Sedangkan kelemahan dalam pembelajaran daring adalah kurang maksimalnya keterlibatan siswa. Keterlibatan siswa yang dimaksud dapat dilihat dari hasil keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring secara penuh dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Solusi dan strategi yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengadakan beberapa program di bidang pendidikan diantaranya yaitu mengajar, bimbingan belajar bahasa inggris, membagikan Al-Qur’an dan Iqro dan mengadakan perpustakaan desa (taman baca) di desa ciranca

Referensi

Adityo, S, dkk. 2020. Corona Virus Disease 2019: Tijauan Literatur Terkini. Vol. 7, No. 1. Maret 2020. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i,

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,

Leni, K, dkk. 2021. Penyemprotan Disinfektan Sebagai Tindakan Preventif Terhadap Penularan Virus Covid-19 Di Dusun Genting, Cepogo-Boyolali. Vol. 2 No. 09 – April 2021. INTELEKTIVA: JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA.

Rachmat, H, dkk. 2017. Gerakan Penghijauan Das Citarum Hulu Di Desa Cikoneng Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Waryanto, N.H. (2006). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Matematika, Vol. 2, No.1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-04

Cara Mengutip

Fauziah, A. A. ., Syaekhoni, E. I. ., Ratnawati, M. ., Fauzi, R. A., & Dewinggih, T. (2021). Hambatan, Solusi dan Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa di Desa Ciranca pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(42), 72–83. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/736

Terbitan

Bagian

Articles