Optimalisasi Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di Sdn 3 Ciburuy, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut

Penulis

  • Farizatul Fuadah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mochammad Fitra Febriana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nadia Fadilatunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Panji Irawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hasan Mustapa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan, Covid-19, Metode Pembelajaran, Optimalisasi

Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam membangun suatu negara dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat yang hidup dalam negara tersebut. Dewasa ini perlu diperhatikan bahwasanya permasalahan dalam pendidikan semakin kompleks, termasuk hasil belajar pada siswa-siswi di SDN 3 Ciburuy. Tidak Dapat dipungkiri bahwa hasil belajar dipandang sebagai salah satu indikator pendidikan dalam kualitas  pendidikan. Oleh karena itu, hasil belajar perlu mendapat perhatian yang sangat serius khususnya di SDN 3 Ciburuy. Permasalahan yang terjadi di SDN 3 Ciburuy  adalah menurunnya tingkat pengetahuan para siswa selama masa Pandemi sehingga mereka harus mengulangi berbagai mata pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya. Oleh karena itu, perlu adanya suatu program pendidikan dan metode pembelajaran baru yang bertujuan untuk mengoptimalisasi kembali pembelajaran di SDN 3 Ciburuy serta mampu meningkatkan semangat belajar dan ingatan siswa-siswi mengenai pelajaran yang terlupakan. Program pendidikan ini diterapkan pada siswa-siswi kelas 4 sampai kelas 6 SD. Hal ini dilakukan agar proses pelaksanaan program berjalan dengan lancar mengingat pola pikir anak dari usia 10 tahun sudah mampu mencerna setiap penjelasan yang diberikan.

Referensi

Aulia Listya Rani. 2015. Optimalisasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional PAUD Tahun 2015. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Hidayat Rahmat & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan : Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan : Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)

Maelani, Riska, Hasan Mustapa, dan Imam Saifullah. 2019. Progressivisme Manusia Indonesia: Kuantitas Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol 13; No. 01;2019;208-210

Maesaroh Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Surakarta : Universitas Nahdlatul Ulama

Nafrin Irinna Aulia & Hudaidah. 2021. Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 (457)

Rahmat Abdul. 2014. Pengantar Pendidikan : Teori, Konsep, dan Aplikasi. Gorontalo : Ideas Publishing

Rini Yuli Sectio. . Pendidikan : Hakekat, Tujuan, dan Proses. Jogyakarta : Universitas Negeri Jogyakarta

Saat Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib Volume 8

Sueni Ni Made. 2019. Metode, Model, dan Bentuk Model Pembelajaran (Tinjauan Pustaka). Bali : Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Saraswati

Sukadari & T. Sulistyono. 2017. Ilmu Pendidikan Seri 1 (Konsep Dasar). Yogyakarta : Cipta Bersama

Yusuf Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo : Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-28

Cara Mengutip

Fuadah, F., Febriana, M. F., Fadilatunnisa, N., Irawan, P., & Mustapa, H. (2022). Optimalisasi Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di Sdn 3 Ciburuy, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(41), 138–152. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/724

Terbitan

Bagian

Articles