Sosialisasi Digital Marketing bagi Umkm Stoenhouse Desa Lebakmuncang Ciwidey

Penulis

  • Edwin Vikriandani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ikhwan Aulia Fathahilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

UMKM, digital marketing, Sosialisasi

Abstrak

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian, namun agar UMKM mampu beratahan perlu strategi yang matang dalam situasi pandemi ini. Pengabdian ini berbentuk sosialisasi mengenai digital marketing terhadap UMKM yang ada didesa Lebakmuncang. Dimana model sosialisasi digital marketing ini didapatkan setelah melakukan refleksi social kepada UMKM Stoenhouse. Stoenhouse ini merupakan salah satu UMKM yang beridiri didesa lebakmuncang yang bergerak dalam bidang food and beverage. Keberhasilan sosialisasi ini dapat dilihat dari respon baik dari pihak stoenhouse, juga pelaksanaan pemasaran digital. Simpulan dari pengabdian ini yaitu dengan melakukan digital marketing akan membantu berkembangnya bisnis UMKM.

Referensi

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 12, Edisi 1. Jakarta: Erlangga

Trijanto, Agus. 2001. Copywriting: Seni mengasah kreativitas dan memahami bahasa iklan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Darmawan, D. (2012). “Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi”.Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Kruti Shah, Alan D’Souza, 2009. Google Books “Advertising and Promotion : an IMC Perspective”

Irfan, Muhamad. 2014. “Efektivitas Media Komunikasi Pemasaran Strike! Courier di Samarinda Penggunaan Media Sosial Twitter Sebagai.” eJournal Ilmu Komunikasi. (2)2: 5-6

Purwana ES, Dedi., Rahmi., dan Shandy Aditya. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) (1)1

Wibowo, B. S., & Haryokusumo, D. (2020). Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E- commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2): 86.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1): 89–98

Opiida. (2014) Pengertian E-marketplace.Retrieved fromhttps://tokohalista.wordpress.com

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-28

Cara Mengutip

Vikriandani, E., & Fathahilah, I. A. (2022). Sosialisasi Digital Marketing bagi Umkm Stoenhouse Desa Lebakmuncang Ciwidey. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(41), 45–55. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/706

Terbitan

Bagian

Articles