Kegiatan Pendampingan dalam Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Publik dalam Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Covid-19, Participation Action Research, Standar Operasional ProsedurAbstrak
Pelayanan publik merupakan suatu aktivitas atau pelaksanaan dalam hal untuk menjamin dan memenuhi kebutuhan pelayanan sesuai dengan aturan hukum bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa atau pelayanan administrative yang disediakan oleh pemerintah. Metodologi pengabdian yang dilakukan oleh penulis untuk pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah pada kali ini menggunakan metode dan pendekatan yang telah banyak digunakan dalam sebuah kegiatan Pengabdian masyarakat yakni Participation Action Research yang atau biasa disingkat PAR. Metodologi mengarahkan kepada peneliti agar dapat selalu terhubung dengan sebuah tragedi perubahan di tengah – tengah ruang lingkup masyarakat dalam menciptakan kondisi yang diharapkan melalui partisipasi masyrakat atau penjabat pemerintah secara aktif. Dalam kegiatan KKN-DR 2021 ini kami dengan didampingi oleh Kepala Desa membuat SOP pelayanan public yang bertujuan menciptakan pelayanan masyarakat yang nyaman dan aman dari penyebaran covid-19. Hasil dari penyusunan SOP Pelayanan Publik Desa Tanjungsari dalam Tatanan New Normal dapat terealisasikan dalam bentuk keputusan Kepala Desa Tanjungsari Nomor 141.1/ 004/ VIII/ 2021 Tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Publik Desa Tanjungsari Di masa Tatanan New Normal pada masa pandemi Covid – 19.
Referensi
Budiardjo, M. 2014. Panduan Praktis Menyusun SOP. Jakarta: Raih Asa Sukses
Cepi Safrul Alam, 2020. Pentingnya Penyusunan Standlar Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Lingkar Widyaiswara.
Nur’Aini, Fajar. 2016. Pedoman Praktis Menyusun SOP. Yogyakarta : Quadrant
Rokhman, Didik Fathur.2012. Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan. Terpadu ( Studi pada dinas kependudukan dan catatan sipil kota Malang ), Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1 No 5 Hal 962.
Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati, 2020. Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat, Aksara : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.
Rachmatullah, M. R. (2019, February 27). Pentingnya Standar Pelayanan Publik, dilansir dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pentingnya-standar-pelayanan-publik
Talenta.co. (2020). Pentingnya Standar Operasional Prosedur bagi Perusahaan, dilansir dari https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/standar-operasional-prosedur
Undang – Undang No 25 Tahun 2009 Tantang pelayanan Publik
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Andri Irawan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.