Kegiatan Pendampingan dalam Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Publik dalam Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Andri Irawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Atiqul Umam UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mahrus As'ad UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Covid-19, Participation Action Research, Standar Operasional Prosedur

Abstrak

Pelayanan publik merupakan suatu aktivitas atau pelaksanaan dalam hal untuk menjamin dan memenuhi kebutuhan pelayanan sesuai dengan aturan hukum bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa atau pelayanan administrative yang disediakan oleh pemerintah. Metodologi pengabdian yang dilakukan oleh penulis untuk pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah pada  kali ini menggunakan metode dan pendekatan yang telah banyak digunakan dalam sebuah kegiatan Pengabdian masyarakat yakni Participation Action Research yang atau biasa disingkat PAR. Metodologi mengarahkan kepada peneliti agar dapat selalu terhubung dengan sebuah tragedi perubahan di tengah – tengah ruang lingkup masyarakat dalam menciptakan kondisi yang diharapkan melalui partisipasi masyrakat atau penjabat pemerintah secara aktif. Dalam kegiatan KKN-DR 2021 ini kami dengan didampingi oleh Kepala Desa membuat SOP pelayanan public yang bertujuan menciptakan pelayanan masyarakat yang nyaman dan aman dari penyebaran covid-19. Hasil dari penyusunan SOP Pelayanan Publik Desa Tanjungsari dalam Tatanan New Normal dapat terealisasikan dalam bentuk keputusan Kepala Desa Tanjungsari Nomor 141.1/ 004/ VIII/ 2021 Tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Publik Desa Tanjungsari Di masa Tatanan New Normal pada masa pandemi Covid – 19.

Referensi

Budiardjo, M. 2014. Panduan Praktis Menyusun SOP. Jakarta: Raih Asa Sukses

Cepi Safrul Alam, 2020. Pentingnya Penyusunan Standlar Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Lingkar Widyaiswara.

Nur’Aini, Fajar. 2016. Pedoman Praktis Menyusun SOP. Yogyakarta : Quadrant

Rokhman, Didik Fathur.2012. Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan. Terpadu ( Studi pada dinas kependudukan dan catatan sipil kota Malang ), Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1 No 5 Hal 962.

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati, 2020. Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat, Aksara : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.

Rachmatullah, M. R. (2019, February 27). Pentingnya Standar Pelayanan Publik, dilansir dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pentingnya-standar-pelayanan-publik

Talenta.co. (2020). Pentingnya Standar Operasional Prosedur bagi Perusahaan, dilansir dari https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/standar-operasional-prosedur

Undang – Undang No 25 Tahun 2009 Tantang pelayanan Publik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-28

Cara Mengutip

Irawan, A., Umam, A., & As’ad, M. (2022). Kegiatan Pendampingan dalam Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Publik dalam Masa Pandemi Covid-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(41), 35–44. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/704

Terbitan

Bagian

Articles