Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi dan Solusi Bisnis bagi Pelaku Umkm Terdampak Covid-19 di Desa Sukaasih
Kata Kunci:
Covid-19, UMKM, Digital MarketingAbstrak
Covid-19 merupakan sebuah penyakit yang menyerang dunia sejak akhir tahun 2019. Covid-19 ini terjadi pertama kali di kota Wuhan, China. Pandemi Covid-19 ini berdampak pada beberapa sektor di Indonesia, salah satunya yaitu pada sektor perekonomian. Dampak perekonomian tersebut sangat mempengaruhi pada UMKM yang menimbulkan penurunan besar pada hasil produksi hingga penjualan. Pada artikel ini merangkum isi data UMKM di Desa Sukaasih, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, sebelum dan sesudah terjadinya pandemi Covid-19. Penelitian ini merekomendasi strategi bertahan UMKM ditengah pandemi Covid-19 yaitu memasarkan produk dengan melakukan digital marketing. Penelitian artikel ini menggunakan metode pengabdian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan observasi, ceramah, diskusi, dan seminar dilanjutkan dengan simulasi .kasus dengan ilustrasi dan pembawaan pada masyarakat.
Referensi
Pratiwi, M., Ayu, I., & Sudirman, I. (2013). Variabel yang Berpengaruh Terhadap Penyaluran Kredit Modal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bali Periode 2001-2003. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(3), 96-105.
Aditya, M. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan
Bisnis IV, (April 2015), 327–337.
Arnott, David C. dan Susan Bridgewater, 2002. “Internet, Interaction and Implications for Marketing,” Marketing Intelligence dan Planning, 20 (2):86-95.
Chandra, Gregorius. 2002. Strategi dan Program Pemasaran. Edisi 1. Andi. Yogyakarta.
Rudjito. 2003. Strategi Pengembangan Umkm Berbasis Strategi Bisnis, Makalah Yang Di Sampaikan Pada Seminar Peran Perbankan Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Kerjasama Lemhanas RI Dengan BRI
Sugiarti , Y., Sari Y., & Hadiyat (2020) .
Peranan E-commerce untuk meningkatkan daya saing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sambal di Jawa timur. 3 (2): 298-309
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Edi Komarudin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.