Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi dan Solusi Bisnis bagi Pelaku Umkm Terdampak Covid-19 di Desa Sukaasih

Penulis

  • Edi Komarudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anisa Mukhtar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Cindy Syifa Fauziah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Covid-19, UMKM, Digital Marketing

Abstrak

Covid-19 merupakan sebuah penyakit yang menyerang dunia sejak akhir tahun 2019. Covid-19 ini terjadi pertama kali di kota Wuhan, China. Pandemi Covid-19 ini berdampak pada beberapa sektor di Indonesia, salah satunya yaitu pada sektor perekonomian. Dampak perekonomian tersebut sangat mempengaruhi pada UMKM yang menimbulkan penurunan besar pada hasil produksi hingga penjualan. Pada artikel ini merangkum isi data UMKM di Desa Sukaasih, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, sebelum dan sesudah terjadinya pandemi Covid-19. Penelitian ini merekomendasi strategi bertahan  UMKM ditengah pandemi Covid-19 yaitu memasarkan produk dengan melakukan digital marketing. Penelitian artikel ini menggunakan metode pengabdian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan observasi, ceramah, diskusi, dan seminar dilanjutkan dengan simulasi .kasus dengan ilustrasi dan pembawaan pada masyarakat. 

 

Referensi

Pratiwi, M., Ayu, I., & Sudirman, I. (2013). Variabel yang Berpengaruh Terhadap Penyaluran Kredit Modal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bali Periode 2001-2003. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(3), 96-105.

Aditya, M. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan

Bisnis IV, (April 2015), 327–337.

Arnott, David C. dan Susan Bridgewater, 2002. “Internet, Interaction and Implications for Marketing,” Marketing Intelligence dan Planning, 20 (2):86-95.

Chandra, Gregorius. 2002. Strategi dan Program Pemasaran. Edisi 1. Andi. Yogyakarta.

Rudjito. 2003. Strategi Pengembangan Umkm Berbasis Strategi Bisnis, Makalah Yang Di Sampaikan Pada Seminar Peran Perbankan Dalam Memperkokoh Ketahanan Nasional Kerjasama Lemhanas RI Dengan BRI

Sugiarti , Y., Sari Y., & Hadiyat (2020) .

Peranan E-commerce untuk meningkatkan daya saing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sambal di Jawa timur. 3 (2): 298-309

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-28

Cara Mengutip

Komarudin, E., Mukhtar, A., & Fauziah, C. S. (2022). Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi dan Solusi Bisnis bagi Pelaku Umkm Terdampak Covid-19 di Desa Sukaasih. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(41), 12–18. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/700

Terbitan

Bagian

Articles