Edukasi Parenting dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program KKN-DR Sisdamas, Kelurahan Sukahaji Kota Bandung
Kata Kunci:
Pandemi, Pemberdayaan, Masyarakat, KKN-DR SisdamasAbstrak
Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di masa pandemi Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 membuat pelaksanaan KKN fokus pada protokol kesehatan untuk mencegah dan menekan penyebaran virus corona. Kegiatan diadakan di Kelurahan Sukahaji, Kota Bandung pada 2-31, Agustus 2021. Temanya adalah edukasi parenting dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan berupa edukasi serta pemberdayaan: Parenting meliputi seminar pola asuh, tugas harian ibu bersama anak dan juga video pengungkapan perasaan anak; memberlakukan tema beserta alat peraga pada setiap pertemuan Bina Keluarga Balita; mengevaluasi kemampuan santri dengan adanya buku prestasi santri serta pemberian tema rukun islam pada setiap pertemuan; pembagian masker gratis dan menjadi bagian dalam panitia vaksinasi wilayah kelurahan sukahaji; jumat bersih (Jumsih); dan pengembangan UMKM. Kuliah Kerja Nyata ini dilakukan oleh 11 mahasiswa dari berbagai fakultas dengan melibatkan komponen masyarakat setempat serta bantuan dosen pembimbing lapangan. Kegiatan dilakukan dengan perencanaan yang baik, pelaksanaan terstruktur dan mendapatkan respons positif dari masyarakat. Kesimpulan Kegiatan ini adalah bahwa masyarakat mendapat informasi lebih lanjut tentang peningkatan kualitas hidup selama pandemi yang meliputi Pola Asuh, kesehatan, keagamaan, pendidikan, kebersihan dan ekonomi. Dengan program tersebut diharapkan dapat dipahami dan diaplikasikan oleh masyarakat kelurahan Sukahaji bahwa pandemi berdampak banyak terhadap aspek kehidupan masyarakat yang selanjutnya perlu dibina demi keberlangsungan hidup di era pandemi seperti sekarang ini.
Referensi
Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1), 19-31. doi: 10.31004/obsesi.v1i1.28.
Anderson, J. R. (1999). Perspectives on learning and memory. In j.r. Anderson ed.: learning and memory : an integrated approach (edisi ke-2). USA: John Wiley & sons, Inc.
Anggranti, W. (2016). Penerapan metode pembelajaran baca-tulis Al-qur’an. Jurnal Intelegensia, 1 (1).
Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2019). Penduduk Kecamatan Babakan Ciparay menurut Jenis Kelamin dan Kelurahan. Badan Pusat Statistik Kota Bandung. https://bandungkota.bps.go.id/statictable/2020/06/11/309/penduduk-kecamatan-babakan-ciparay-menurut-jenis-kelamin-dan-kelurahan-semester-ii-2019.html
Cortell, R. (2009). A pilot study of emotional coaching and mindfulness program for parents of early adolescent [Published doctoral dissertation]. Chatolic University of America USA.
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan anak didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini, 5 (2).
Hasan, A. (2010). Marketing dari mulut ke mulut: word of mouth marketing. Jakarta: MedPress.
Hurlock, E. B. (2000). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Terjemahan. (edisi ke-5). Jakarta: Erlangga.
Hutapea, B., & Dewi, F. I. R. (2012). Peran kebermaknaan hidup dan kepemimpinan terhadap kepuasan hidup sukarelawan lembaga swadaya masyarakat. Jurnal Psikologi :Insan.
Jiun, C. X., Jaafar, W. M. W., & Ghazali, N. M. (2016). The relationship between parenting stress and perceived children’s social problem behavior among chinese working mothers. International Journal of Social Science and Humanity, 6 (3), 157-164.
Karmilawati., Azizah, L., & Saleh, N. (nd). Penerapan metode pembelajaran reward and punishment dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman.
Kloos, B., Hill, J., Thomas, E., Wendersman, A., Eloas, M. J., & Dalton, J. H. (2012). Community psychology linking individals and communities. Wadsworth Cengage Learning.
Koentjaraningrat. (1990). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Aksara Baru.
Kuswanti, A., Munadhil, M. A., Zainal, A. G., & Oktarina, S. (2020). Manajemen komunikasi keluarga saat pandemic Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7 (8), 707-722.
Lestari, P. A., Hanindharputri, M. A., & Lestari N. P. E. B., (2020). Gerakan 1.000 masker untuk pencegahan virus Covid-19 di pasar Yadnya Desa Adat Kesiman Denpasar Timur. Jurnal Lentera Widya, 1 (2), 39 – 44. https://jurnal.std-bali.ac.id/index.php/lenterawidya/article/view/105.
Maryatun, I. B. (2017). Panduan pengembangan tema berbasis budaya yogyakarta (Laporan Penelitian Awal). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ningrum, D S A, Yuspendi., & Azizah, E. (2019). Program emotional coaching menggunakan tipe coping problem focus responses dalam menghadapi emosi negatif anak intellectual disability di SLB BC Yatira. Humanitas. 3 (1), 51-62.
Nirmala, E., & Musyafa, A. (2017). Modul e-commerce teknik informatika. UNPAM Press.
Noor, M. (2019). Psikologi perkembangan paud. Tangerang: CV. Loka Aksara.
Nurani, Y. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3, (1), 1-20.
Oxford Advanced Learner’s Dictionary. (2005). Oxford: Oxford University Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, No. 146. (2014).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, No. 137. (2014).
Pusat informasi covid-19 Kota Bandung. (2021). https://covid19.bandung.go.id/
Rahayu, K. (2010). Pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur tahun ajaran 2009/2010. Universitas Negeri Yogyakarta.
Riany, A. (2009). Alat permainan edukatif lingkungan sekitar untuk anak usia 0-1 tahun. Bandung: PT. Sandiarta Sukses.
Rosdiana, A. B. (2008). Pendidikan suatu pengantar. Bandung: Cipta Pustaka.
Santrock, J. W. (2014). Child development. New York: McGraw Hill Education.
Saregar, A., Jamaludin, W., Anwar, C., & Septiani, R. (2019). Feasibility test of mobile learning with schoology : efforts to foster the students ’ learning interest on magnetism feasibility test of mobile learning with schoology : efforts to foster the students ’learning interest on magnetism. Journal of Physics: Conferences Series, 1155 (1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012060
Sjoe, N. M., Kiil, A., Bleses, D., Dybdal, L., Kreiner, S., & Jensen, P. (2020). Assessing strengths and difficulties in social development: a comparison of the social emotional assessment measure (SEAM) with two established developmental psychopathological questionnaires. European Journal of Developmental Psychology, 17(1), 103-122. https://doi.org/10.1080/17405629.2018.1540975
Sudirwo., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan instagram bagi pengembangan pemasaran usaha mikro kecil dan menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 5 (1). https://doi.org/10.35130/jrimk
Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelanggan puas? Tak cukup! Plus: contoh spesifik riset kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan, strategi mewujudkan kepuasan pelanggan. Yogyakarta: CV Andi Offset
Undang-Undang RI tentang Sistem Pendidikan Nasional, No.20. (2003).
Yusuf, S. (2014). Psikologi perkembangan anak & remaja. Bandung: Anggota IKAPI.
Zulkifli., & Febrialismanto. (2018). The mapping of development strategy of religious and moral values for early childhood in paud kuok district, kampar regency. Proceeding of the 2nd URICES (hlm. 726-733).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Arif Rahman Hakim
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.