Optimalisasi Sistem Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Covid-19, Belajar Mengajar, OptimalisasiAbstrak
Pandemi Covid-19 memberikan dampak diberbagai bidang, salah satunya dibidang pendidikan. Dampak pandemi Covid-19 di Desa Bojongsawah Kabupaten Sukabumi salah satunya adalah terdapat perubahan dalam kegiatan belajar mengajar yang mana pada awalnya kegiatan belajar mengajar dilakukan secara tatap muka di ruangan kelas, pada saat ini dilakukan secara daring (dalam jaringan). Namun terdapat beberapa kendala yang menjadi penghambat dan kekurangan dalam pelaksanaan sekolah daring di MI Mihadunal Ula yang pada akhirnya membuat pelaksanaan kegiatan sekolah daring tersebut kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang upaya optimalisasi sistem pembelajaran Formal dan Non-formal di MI Mihadunal Ula dan di Majelis Al-qur’an ke-RW-an 12 Desa Bojongsawah Kabupaten Sukabumi. Dari upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan kegiatan belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran luring (luar jaringan) agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lebih efektif. Terkait hasil yang signifikan dari kegiatan belajar mengajar dengan metode luring ini siswa dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan lebih baik terhadap penguasaan materi serta siswa pun dapat lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Covid-19, Belajar Mengajar, Optimalisasi
Referensi
Chick, and G. Clifton. 2020. “Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic.” Journal of Surgical Education 1(1): 1–4.
Aji, Rizqon Halal Syah. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(5), 395-4 02. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Arifa, Fieka Nurul. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat Bidang Kesejahteraan Sosial: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis, 12(7), 13-18. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-XII-7-I-P3DIApril-2020-1953.pdf?1600933547
Kemendikbud. (2020). “Perluas Akses Belajar di Masa Covid-19, Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah”. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses pada tanggal 10 September 2021 pada https;//www.kemedikbud.gi.id/main/blog/2020/04/perluas-akses-belajar-dimasa-covid19-mendikbud-luncurkan-program-belajar-dari-rumah
Mustakim, Farhan, H., Lilawati, A., Ladamay, O. M. M. A., Musayyachah, & Pratiwi, R. S. (2021). Pengasuhan orang tua anak usia dini di era disrupsi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 19–35. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7236
Muhson, A. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8(2): 1–10.
Attri, A. K. 2012. “Distance Education: Problems and Solutions.” International Journal of Behavioral Social and Movement Sciences 1(4): 42–58.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Siti Halimatussyadiah Salim
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.