Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Selama Masa Pandemi

Penulis

  • Yuli Anggraini Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Andi Septiadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pendemi covid-19, pembelajaran daring, internet

Abstrak

Pada penelitian ini, penulis akan mengulas secara rinci dampak pembelajaran daring yang dirasakan oleh bagi siswa, guru, dan orang tua selama masa pandemi covid-19. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini ialah metode kualitatif, dimana data diperoleh dari hasil wawancara dengan siswa, guru dan orangtua. Subjek penelitian ini ialah siswa,guru MTsN 1 serta orangtua murid. Dari penelitian ini, diperolah hasil bahwa pandemi memberikan dapak yang cukup besar bagi dunia pendidikan. Pemerintah terpaksa menutup sekolah-sekolah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona, maka pembelajaran dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan jaringan internet dan media penunjang lainnya. Akan tetapi,terdapat beberapa manfaat yakni siswa dan guru lebih mengenal teknhnologi dan mampu menciptkan kemandirian belajar bagi siswa. Disamping damak positif, ada beberapa dampak negatif  yang dirasakan oleh siswa seperti kurangnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran karena penjelasan yang kurang dari guru, siswa rentan sekali membuka situs dan sosial media yang tidak ada hubungannya dengan materi pelajaran, jaringan internet yang kurang stabil dan maraknya pengeluarkan orangua untuk membeli kuota internet

Referensi

Subana & Sudrajat. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Bilfaqih,Yusuf. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran DaringYogyakarta:deepublish

Agustino, L. 2020. Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19. Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(2),253-270. Diakses pada tanggal 6 September 2021 melalui laman https://doi.org/10.24258/jba.v16i2.68

Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.

Oktavia, I. H., Siti, S. W. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Adminitrasi Perkantoran. Diakses pada tanggal 6 September 2021 melalui laman Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) (unesa.ac.id).

Ali, S., Afreni, H. 2020. Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Diakses pada tanggal 6 September 2021 melalui laman https://online-journal.unja.ac.id/biodik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-15

Cara Mengutip

Anggraini, Y., & Septiadi, M. A. (2021). Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Selama Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(24), 191–198. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/651

Terbitan

Bagian

Articles