Penerapan Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di Madrasah Al-Rizki
Kata Kunci:
Al-Qur’an, Pembelajaran, Qiro’atiAbstrak
Mempelajari Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap Muslim, karena Al-Qur’an merupakan pedoman agama yang harus difahami dengan baik dan benar. Membaca Al-Qur’an sangatlah berbeda dengan membaca teks pada umumnya. Karena dalam Al-Qur’an terdapat kaidah-kaidah tertentu yang apabila kaidah tersebut tidak digunakan maka makna Al-Qur’an pun akan berbeda. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah metode yang efektif dan inovatif dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan yang lebih menekankan kepada partisipasi dan kolaboratif. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan dan juga menganalisa terkait dengan keefektifan metode qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an. Berdasarkan dengan hasil akhir dari analisis ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode qiro’ati berdampak baik pada kemampuan anak-anak di Madrasah Al-Rizki
Referensi
Ali, R. (2017). Efektifitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa Sdit Bunayya Medan . Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 183.
Amal, T. A. (2005). Rekonstruksi Sejarah Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Alfabet.
Fathoni, A. (2016). Petunjuk Praktis Tahsin Tartil Al-Qur’an Metode Maisura. Jakarta: Institut PTIQ Jakarta & Pesantren Takhasus IIQ Jakarta.
Maryani, L. (2018). Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SD IT Mutiara Hati Purwareja Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Purwokerto: Skripsi. Program S1 Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Matswa, M. (2016). Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Qiroati Studi Kasus di MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta. Sleman: Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Nunung. (2020). Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Ta’allumil Qur’an Al-Mutazam Broni. Jambi: Skripsi. Program S1 Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Sanjaya, I. (2019). Pengaruh Metode Fun Learning pada Pembelajaran Gamolan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SD 2 Sulusuban Lampung Tengah. Skripsi UNILA, Lampung, 22.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Fadia Faqih Mahardini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.