Optimalisasi Pendidikan Tingkat SD Pasca Daring Sebagai Sarana Pendorong Ketertinggalan Belajar di Desa Curugrendeng
Kata Kunci:
Optimalisasi, pasca daring, pendidikanAbstrak
Pendidikan menjadi salah satu pondasi terpenting dalam kehidupan masyarakat, karena pendidikan merupakan sebuah wadah pembentuk kualitas suatu bangsa. Munculnya wabah virus Covid-19 menjadikan sistem pendidikan di Indonesia mengalami berbagai perubahan. Pembelajaran daring (online) menjadi salah satu solusi agar pendidikan tetap berjalan. Kemajuan dalam dunia teknologi semakin pesat, namun di sisi lain juga pembelajaran daring ini menyebabkan banyak pelajar mengalami ketertinggalan dalam memahami pelajaran. Maka dari itu, dalam masa KKN-DR SISDAMAS ini yang bertepatan dengan awal mula sistem pembelajaran pasca daring atau PKM (Pertemuan Tatap Muka) dilakukan upaya pengoptimalisasian pendidikan melalui sistem belajar yang sudah dirancang sedemikian rupa. Adapun metode yang digunakan adalah metode SISDAMAS (Berbasis Pemberdayaan Masyarakat) secara offline atau action research. Pada pelaksanaannya, upaya optimalisasi pendidikan di SDN Curugrendeng III ini mengupayakan 4 program kerja demi mendorong ketertinggalan belajar siswa. Program kerja tersebut yaitu bantuan mengajar di SDN Curugrendeng III, bimbingan belajar, pelatihan keterampilan komputer untuk program AKM (Assesment Kompetensi Minimum), dan lomba edukatif “Ranking 1” yang disambut antusias siswa maupun masyarakat sekitar
Referensi
Akbar, Aulia. (2017). Memudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jrnal Pendidikan Sekolah Dasar. Volume 3. Nomor 1. ISSN 2540-9093
Andiani, Dini; Hajizah, Mimi Nur; dan Dahlan, Jarnawi Afgani. (2020). Analisis Rancangan Assesmen Kompetensi Minimum (Akm) Numerasi Program Merdeka Belajar. Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 4. Nomor 1. e-ISSN 2614-4204 dan p-ISSN 2615-465X
CNN. (2020). “Kemendikbud Buat Skenario Belajar Di Rumah Sampai Akhir 2020.” CNN Indonesia. Retrieved Sept 5, 2020.
Febriandari, Efi Ika; Khakiim, Uluul; dan Pratama, Nur Aida Endah. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. Volume 3. Nomor 4
Kusumaryono, R. S. (2020). Merdeka Belajar. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar.
Mukaromah, Euis. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review. Volume 4. Number 1.
Nengrum, Thityn Ayu; Solong, Najamuddin Petta; dan Iman, Muhammad Nur. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pmbelajaran Luring dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan. Volume 30. Nomor 1. p-ISSN 2715-095X. e-ISSN 2686-5041
Saputri, Djihan Anggini; Robandi, Babang; dan Heryanto, Dwi. (2020). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Huruf Cetak Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 5. Nomor 3
Setiawan, Bramianto dan Iasha, Vina. (2020). Covid-19 Pandemic: The Influence Of Full-Online Learning For Elementary School In Rural Areas. JPSD. Volume 6. Nomor 2. ISSN 2540-9093. E-ISSN 2503-0558
Sulfemi; Bagja, Wahyu; and Kamalia, Yasinta. (2020). “JIGSAW Cooperative Learning Model Using Audiovisual Media To Improve Learning Outcomes.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 6(1):30–42.
Sunaryo; Ayo; Narawati, Tati; Masunah, Juju; and Nugraheni, Trianti. (2020). “Concept Of Children’s Dance Composition Based Traditional Games In Elementary School.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 6(1):100–113.
Suryoharjuno, Kusumo. (2014). 100+ Ice Breaker Penyemangat Belajar. Surabaya:Ilman Navia.
Syardiansah. (2017). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). JIM UPB. Volume 7. Nomor 1
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Nida Fazriani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.