Pengaruh Kompetensi Pendidik terhadap Motivasi dan Minat Belajar Para Santri di Madrasah Al-Inayah

Penulis

  • Iganadia Marwah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rini Sulastri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kompetensi, Pendidik, Santri, Al-Inayah

Abstrak

Belum ada penelitian yang komprehensif terkait pengabdian masyarakat dengan memberikan pembelajaran Al-Qur’an khususnya di wilayah Kampung Sayuran RT. 04 RW. 07, Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat. Menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pelaksanaan pengabdian masyarakat melalui program pembelajaran dan pengajaran di Madrasah Al-Inayah untuk menambah tenaga pengajar, peningkatan kualitas pendidik, pengembangan metode dan media pembelajaran, dan peningkatan fasilitas belajar dan mengajar. Metode penelitian mengadopsi siklus-siklus KKN DR Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati 2021. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap para santri yang belajar di Madrasah Al-Inayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penambahan tenaga pengajar, peningkatan kualitas pendidik, pemilihan metode dan media yang sesuai, dan peningkatan fasilitas belajar dan dengan pembagian kelompok maka pembelajaran menjadi berjalan dengan baik dan lancar serta empat kompetensi yang harus dimiliki pendidik dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Adapun empat kompetensi tersebut ialah kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.

Referensi

Maghfiroh Shofia, Suryana Dadan. 2021. Media Pembelajaran Untuk Anak Usian Dini Di Pendidikan Anak USia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. V(1).

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Olivia, F. 2011. Teknik Ujian Efektif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Siregar, Eveline dan Hartin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Syaidah U, Suyadi Bambang, Ani Mustika H. 2018. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi. XII(2).

Tohirin. 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Berbasis Integrasi dan Kompetensi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usman, Moh. User. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuhairini. 1994. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Aksara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-07

Cara Mengutip

Marwah, I., & Sulastri, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Pendidik terhadap Motivasi dan Minat Belajar Para Santri di Madrasah Al-Inayah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(10), 128–137. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/636

Terbitan

Bagian

Articles