Pengembangan UMKM Melalui Strategi Pemasaran Digital dan Pemberian Edukasi Kesehatan kepada Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
Covid-19, Strategi pemasaran, Posyandu, EdukasiAbstrak
Dua tahun sudah pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia memberikan dampak yang sangat besar terhadap kehidupan masyarakat. Di samping aspek kesehatan yang menjadi persoalan utama, adapun dampak lain yang diakibatkan oleh pandemi ini adalah menurunnya kondisi perekonomian masyarakat. Maka dari itu, pendampingan kegiatan masyarakat terhadap kedua aspek tersebut perlu dilakukan. Kelompok 73 Kuliah Kerja Nyata melakukan kegiatan pendampingan di Desa Pinayungan Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang pada tanggal 3 sampai 23 Agustus 2021. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan cara membantu pihak UMKM yaitu membantu mempromosikan produknya ke media sosial. Adapun pendampingan dalam kegiatan posyandu dengan meningkatkan kesadaran masyarakat yang datang ke Posyandu Teratai 7 akan virus covid-19 dengan cara menyebarkan brosur, memberikan PMT, masker, dan penyemprotan hand sanitizer. Hasil kegiatan pendampingan ini berpengaruh terhadap peningkatan penjualan UMKM dan juga berhasil memberikan edukasi covid-19 kepada masyarakat untuk tidak lengah menghadapi virus ini khususnya dengan penggunaan protokol kesehatan secara baik dan benar. Kegiatan pendampingan ini sangat terbatas oleh waktu dan akan lebih optimal jika dilaksanakan dalam jangka waktu yang lebih lama.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Dita Rizkandini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.