Pengaruh Bimbingan Karir terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas XII MA Mifathul Falah As-Shiddiqiyah Panumbangan

Penulis

  • Elly Marlina Usman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Putri Ika Fadhilah Tumanggor Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Tina Rosita Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Iha Soliha Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Bimbingan Karir, Minat Belajar

Abstrak

Pendidikan adalah hal yang sangat berpengaruh dalam mengubah pola pikir manusia. Salah satu yang mendukung dalam perubahan pola pikir dan keberhasilan proses belajar adalah minat belajar siswa. Upaya  yang dapat meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran salah satunya adalah bimbingan karir. Bimbingan karir dimaksudkan agar siswa dapat membantu memahami dirinya sendiri, mengembangkan minat belajar, dan pola pikir untuk masa yang akan datang. Bimbingan karir ini bertujuan  untuk : (1) Meningkatkan motivasi  minat siswa dalam  proses pembelajaran. (2) Mengetahui tujuan dan rencana hidup masing-masing siswa.(3) Memberikan gambaran terkait dengan jalur masuk PTN serta beasiswa yang ada di dalamnya  Pelaksanaan pengabdian sosialisasi bimbingan karir  dilakukan di Yayasan MA Miftahul Falah As-Shiddiqiyah pada siswa kelas XII dan menemukan fakta masih banyaknya siswa yang tidak berminat belajar salah satunya seperti tidak melanjutkan studi lanjutan dan memilih untuk langsung bekerja. Metode yang digunakan adalah metode berbasis pemberdayaan masyarakat yaitu memadukan antara penelitian dan pengabdian dan metode seminar. Dalam pelaksanaan kegiatan, peserta didik terlihat antusias dalam sesi diskusi ditandai dengan banyaknya pertanyaan dari para siswa. Penyebaran angket juga dilakukan dan diperoleh hasil bahwa seluruh siswa setuju bahkan sangat setuju adanya kegiatan bimbingan karir dapat meningkatkan minat belajar sekaligus mempersiapkan rencana di masa depan setelah lulus. Adapun  5,9% dari 100% yang tidak setuju jika kegiatan bimbingan karir tidak memberi peluang untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus. Lalu untuk pernyataan pengaruh kegiatan Bimbingan Karir terhadap rencana siswa di masa depan setelah lulus 76,5% menyatakan setuju dan 23,5% sangat setuju, hal itu dikarenakan perintah membuat planning dalam bentuk mind map ataupun lainnya membuat siswa mempersiapkan rencana secara tertulis.

Referensi

Alfi Purnamasari, A. K. (2006). Efektivitas Pelatihan Perencanaan Karir Untuk Meningkatkan Kejelasan Arah Pilihan Bidang Minat Karir Pada Mahasiswa Semester III Fakultas Psikologi. Sosiosains .

Bukhari. (2008). Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual. Jurnal Studi Keislaman XII(2).

Dewa Ketut, S. (1985). Bimbingan Kair Disekolah. Jakarta : Ghakia Indonesia.

Dinar Mahdalena Leksana, ,. M. (2013). PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN KARIR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA. Jurnal Bimbingan Konseling, 2-4.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pmebelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 66-67.

Lestari, I. (2017). MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR REMAJAMELALUI BIMBINGAN

KARIR. Jurnal Konseling GUSJIGANG V, 18-19.

Siti Nurhasanah, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Perkantoran, 129-130

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Usman, E. M. ., Tumanggor, P. I. F. ., Rosita, T. ., & Soliha, I. . (2021). Pengaruh Bimbingan Karir terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas XII MA Mifathul Falah As-Shiddiqiyah Panumbangan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(20), 146–159. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/620

Terbitan

Bagian

Articles