Model Pembelajaran Pendidikan Kooperatif Anak-Anak Saat Masa Pandemi Covid-19 di Desa Patengan dan Desa Tenjolaya
Kata Kunci:
Efektivitas, Pembelajaran Kooperatif, Desa Patengan, Desa TenjolayaAbstrak
Di Era Pandemic Covid-19 menjadi fenomena global dunia pada saat ini. Pemerintah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil sebuah langkah kebijakan mengenai Surat Edaran No. 36962/MPK. A/HK2020 tentang proses Pembelajaran secara daring (Online). Dengan adanya kebijakan tersebut, menjadi suatu kendala bagi anak-anak dalam mencerna dan memahami ilmu yang diberikan oleh guru, karena anak-anak kurang memahami materi-materi yang disampaikan oleh gurunya melalui daring (Online). Oleh karena itu, pengabdi mengadakan kegiatan pendampingan belajar untuk membantu pembelajaran saat masa pandemic Covid-19. Tujuan dari adanya program kerja ini yaitu untuk membantu anak-anak dalam proses pembelajaran. Metodologi yang dilakukan dalam penelitan ini yaitu terdapat 4 pelaksanaan, (1) Refleksi Sosial, (2) Pemetaan Sosial dan Pembentukan Organisasi Masyarakat, (3) Perencanaan Partisipatif, (4) Pelaksanaan Program dan Evaluasi Program. Adapun hasil dari pengabdian yaitu ada 5 Tahapan, yaitu : (1) Meningkatkan Pemahaman materi dari segi Baca Tulis, Perhitungan, dan Pengetahuan Umum, (2) Tanya Jawab mengenai pemahaman Hasil Belajar, (3) Permainan Ice Breaking, (4) Memberikan Motivasi, (5) Pemberian Reward. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa model pendidikan yang coba kami terapkan memiliki kekuatan yang efisien bagi anak-anak guna memajukan regenerasi di wilayah pengabdian.
Referensi
Abdul, R., & Rahmawati, M. (2020). Model Participation Action Research. Jurnal Ilmu Pendidikan, 62-71.
Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917.
Hartono, A. (2016). Koordinasi Antar Lembaga dan Stakeholder dalam Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (Studi Kasus: Taman Flora dan Taman Ekpresi di Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik. ISSN 2303 - 341X, 4(3), 1-12. Universitas Airlangga, Surabaya.
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 2021.
Muthiah, J., Muntasib, E. K. S. H., Meilani, R., Sunkar, A., & Rahayuningsih, T. (2016). Status kepemilikan lahan dan modal sosial Desa Patengan dan Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung Selatan (Land tenure and social capital of Patengan and Alam Endah Villages, Rancabali District, South Bandung ). Media Konservasi, 21(3), 234.
Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427
Ulia, N., Fironika KD, R., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., Jupriyanto, J., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32. https://doi.org/10.30659/ijocs.1.1.32-47
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Achmad Sulaiman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.