Pengembangan Pendidikan menggunakan Metode Pembelajaran Ekletik kepada Siswa Sekolah di Desa Wangunharja
Kata Kunci:
Pendidikan, Active Learning, Problem Based LearningAbstrak
Kurangnya motivasi dan inovasi dalam bidang pendidikan mengakibatkan hilangnya kesadaran pendidikan pada anak-anak di Desa Wangunharja. Permasalahan inilah yang menjadi fokus utama dalam sasaran program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Desa Wangunharja. Metode pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) berupa program pengajaran dengan metode ekliktik. Metode eklektik yang digunakan memadukan dua pendekatan utama yaitu Active Learning dan Problem Based Learning (PBL) yang dipilih berdasarkan kebutuhan dan karakteristik masing-masing jenjang. Pendekatan Active Learning diterapkan pada siswa Sekolah Dasar (SD), dimana metode ini lebih cocok untuk melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan dan berpusat pada siswa. Sebaliknya, siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) lebih cocok menggunakan pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. PBL digunakan untuk mendorong siswa pada tingkat ini mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Dengan adanya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui pengembangan pembelajaran ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan pendidikan di Desa Wangunharja.
Referensi
Adrianti, Resti dkk. Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics 3(1) Juni 2021.
Baharun, H. Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1). 2015.
Esema, David dkk. Problem-Based Learning. Satya Widya, Vol. 28, No.2. Desember 2012: 167-173.
Harianja, May Muna & Sapri. Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022 Halaman 1324 – 1330.
Haryati, Linda Feni & Wangid, Muhammad Nur. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. JURNAL EDUCHILD (Pendidikan & Sosial) Vol. 12. No. 1, Februari 2023, (23-28).
Hotimah, Husnul. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL EDUKASI 2020, VII (3): 5-11.
JUKNIS KKN Reguler Sisdamas. (2022). LP2M. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
Kariadi, Dodik & Suprapto Wasis. Model Pembelajaran Active Learning dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKN. Jurnal EducatiO Vol. 12 No. 1, Juni 2018, hal.
Robiyanto, A. Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1) 2021. 114-121.
Tanisa, Rahma. 2022. Jenis-jenis Model Pembelajaran Active Learning Untuk Pembelajaran Efektif. https://naikpangkat.com/jenis-jenis-model-pembelajaranactive-learning-untuk-pembelajaran-efektif/.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Naufal Adya Wijaya, Afifah Adrin, Muhammad Pauzi Nasution, Neng Wilfi Nurul Alifah, Rahmadani, Samsudin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

